Peran Program Pemberdayaan Ekonomi Melalui Bantuan Modal Usaha Di Laz Yatim Mandiri Cabang Kediri Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals

Purwitasari, Aulya (2023) Peran Program Pemberdayaan Ekonomi Melalui Bantuan Modal Usaha Di Laz Yatim Mandiri Cabang Kediri Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934132119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934132119_bab1.pdf

Download (652kB)
[img] Text
934132119_bab2.pdf

Download (455kB)
[img] Text
934132119_bab3.pdf

Download (223kB)
[img] Text
934132119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
934132119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
934132119_bab6.pdf

Download (207kB)
[img] Text
934132119_daftarpustaka.pdf

Download (228kB)
[img] Text
934132119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

ABSTRAK Aulya Purwitasari, Dosen Pembimbing Amrul Mutaqin, MEI dan Erawati Dwi Lestari, SS, M. Hum, Peran Program Pemberdayaan Ekonomi Melalui Bantuan Modal Usaha di LAZ Yatim Mandiri Cabang Kediri Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Pemberdayaan Ekonomi, Bantuan Modal Usaha, SDGs Permasalahan yang besar di negara Indonesia salah satunya adalah kemiskinan. Kondisi antara tingkat pendapatan dan kebutuhan pokok tidak seimbang. Dalam menangani kemiskinan LAZ Yatim Mandiri salah satu Lembaga Amil Zakat di Kediri yang memiliki program pemberdayaan ekonomi melalui bantuan modal usaha untuk mendukung pelaku usaha dari kaum duafa yang ingin mengembangkan usahanya. Dengan adanya bantuan modal usaha dapat mengembangkan dan membangkitkan kembali usaha yang sedang dijalankan sehingga bisa mengentas kemiskinan yang ada dalam masyarakat, dalam hal ini sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs merupakan kesepakatan dengan beberapa negara tentang pembangunan baru yang mendorong kearah pembangunan berkelanjutan, yang terdiri dari 17 tujuan digolongkan ke dalam 4 pilar pembangunan. Fokus penelitian ini adalah: menganalisis program pemberdayaan ekonomi melalui bantuan modal usaha di LAZ Yatim Mandiri Cabang Kediri, dan menganalisis peran program pemberdayaan ekonomi melalui bantuan modal usaha di LAZ Yatim Mandiri Cabang Kediri dalam mewujudkan Sustainable Development Goals. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah staff program LAZ Yatim Mandiri Cabang Kediri dan beberapa penerima program pemberdayaan ekonomi melalui bantuan modal usaha dari LAZ Yatim Mandiri Cabang Kediri. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam program pemberdayaan ekonomi melalui bantuan modal usaha yang dilakukan oleh LAZ Yatim Mandiri Cabang Kediri terdapat pembinaan dan pelatihan di dalam programnya. Dengan adanya pembinaan ini maka dapat meningkatkan pendapatan, produksi, konsumsi, tabungan, kualitas dan kapabilitas SDM yang menjadi tolok ukur pemberdayaan ekonomi. Dengan upaya mengentas kemiskinan melalui lembaga zakat maka dapat mewujudkan tercapainya Sustainable Development Goals khususnya pilar 1 yang terdiri dari poin No Proverty (tanpa kemiskinan), No Hunger (tanpa kelaparan), Good Health (Kehidupan sehat dan sejahtera), Quality Education (Pendidikan yang berkualitas), dan Gender Equality (Kesetaraan Gender).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: AULYA PURWITASARI
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:56
Last Modified: 20 Dec 2023 03:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item