Praktek Investasi Pohon Gaharu CV. Pamenang Agro Sejahtera Ngronggo Kediri Ditinjau dari Fiqh Mu’a>malah dan Maqa>s}id Shari>’ah dalam Muamalat Keuangan

Sandi, Novi Ristia (2019) Praktek Investasi Pohon Gaharu CV. Pamenang Agro Sejahtera Ngronggo Kediri Ditinjau dari Fiqh Mu’a>malah dan Maqa>s}id Shari>’ah dalam Muamalat Keuangan. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (248kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Pedoman Dokumentasi pdf.pdf

Download (7kB)
[img] Text
wawancara.pdf

Download (7kB)

Abstract

CV. Pamenang Agro Sejahtera merupakan perusahaan dengan visi menjadi pengembang dan pemasar gaharu ditingkat nasional maupun internasional. pihak CV. PAS menjelaskan bahwa investasi ini sudah dipastikan mendapat keuntungan sejumlah nominal yang diperkirakan kepada investor. Semakin banyak menanamkan modal, maka semakin banyak pula bagi hasil yang akan didapatkan. Hal ini yang menjadi daya tarik masyarakat untuk bergabung menjadi investor karena mendapat kepastian laba. Hal ini sangat menarik jika diteliti dengan judul Prakek Investasi Pohon Gaharu CV. Pamenang Agro Sejahtera Ngronggo Kediri Ditinjau dari Fiqh Mu’a>malah dan Maqa>s}id Shari>’ah dalam Muamalat Keuangan. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara, dilakukan untuk mencari informasi secara langsung mengenai kegiatan investasi dengan akad mud}a>rabah dan musa>qah, bagaimana sistem bagi hasil, dan bagaimana prosedur jika terjadi kerugian. Dalam teknik observasi, peneliti melakukan pengamatan partisipasif dalam mengamati seberapa pengaruh modal dari investor dalam menjalankan usaha. Sedangkan dengan teknik dokumentasi, peneliti akan mendapatkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan gambaran umum perusahaan, data investor, data bagi hasil, dan produk-produk CV. PAS. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalaisis dengan cara menelaah seluruh data, kemudian disusun dengan satuan-satuan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) CV. PAS merupakan perusahaan dibidang pohon gaharu. Sejak awal telah ada kesepakatan diantara kedua belah pihak bahwa adanya batasan waktu kerjasama yaitu selama 7 tahun. Persyaratan sebagai investor hanya dengan menyerahkan FC KTP, KK dan menyetor sejumlah modal sesuai paket yang dipilih. Porsi pembagian keuntungan masing-masing pihak telah disepakati sejak awal kontrak. (2) Penerapan investasi pohon gaharu pada CV. PAS merupakan akad mud}a>rabah karena telah memenuhi rukun dan syarat didalamnya. Kontrak perjanjian kerjasama yang dilakukan telah jelas, karena kedua belah pihak tidak ada yang menyalahi akad perjanjian. Sedangkan investasi tegakan tergolong akad musa>qah. Dimana investor sebagai pemilik pohon dan CV. PAS sebagai pengelola. (3) Pada maqa>s}id shari>’ah, setiap bentuk muamalah dimaksud benar-benar dimaksudkan untuk mewujudkan kemaslahatan bagi kedua belah pihak. Pada CV. PAS tercermin kerjasama yang baik antara pihak yang berakad.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012710 Muzara’ah, Mukhabarah, Musaqah, Mugharasah (Pemanfaatan Lahan Pertanian)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:05
Last Modified: 18 Dec 2023 03:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item View Item