Gaya Hidup Muslimah Dalam Rubrik Majalah Auleea dan Majalah Noor

Elmiliasari, Adhe Febriani (2019) Gaya Hidup Muslimah Dalam Rubrik Majalah Auleea dan Majalah Noor. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. hal. peretujuan, nota dinas dll.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan bagaimana analisis framing gaya hidup Majalah Auleea dan Majalah Noor edisi Oktober – Desember 2017 dan Aspek-Aspek apa saja yang ditonjolkan dalam membentuk gaya hidup muslimah di majalah Auleea dan Majalah Noor edisi Oktober – Desember 2107. Penelitian ini menggunakan analisis framing yaitu membingkai sebuah peristiwa atau dengan kata lain framing digunakan untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan wartawan atau media massa ketika menyeleksi isu dan menulis berita. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang mana peneliti mengumpulan berupa profil Majalah Auleea dan Majalah Noor edisi Oktober-Desember 2017 untuk memudahkan pencarian informasi pada rubric lifestyle dan gaya hidup. Artikel yang terkumpul diteliti dengan menggunakan empat perangkat unit analisis yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggambaran gaya hidup yang ditampilkan sangat erat dengan kondisi sosial-ekonomi dan juga aktivitas konsumsi yang dilakukan. Dalam Majalah Auleea cenderung melibatkan pembaca muslimah untuk menggiring opini serta mengerucutkan focus pembaca kepada satu bahasan penting yaitu kesadaran akan gaya hidup muslimah pada kejadian-kejadian tertentu dalam menyikapi, Majalah Noor lebih membandingkan dan menilai sebuah perilaku muslimah yang sesuai dengan syariat islam dan berpedoman dengan hadis dan Al-Quran. Penggambaran gaya hidup muslimah Indonesia yang digambarkan di kedua majalah ini menggambarkan gaya hidup perempuan perkotaan, namun berusaha dibungkus oleh nilai-nilai religiusitas untuk dikonsumsi oleh Muslimah Indonesia. Sehingga, terdapat makna bahwa ajaran Islam tidak bersifat ekstrim dan masih dapat berkompromi dengan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:47
Last Modified: 18 Dec 2023 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item