Sabar Sebagai Metode Pencegahan Stress (Studi Kasus Mahasiswa Iain Kediri Yang Tinggal Di Kost)

Casimin, Casimin (2022) Sabar Sebagai Metode Pencegahan Stress (Studi Kasus Mahasiswa Iain Kediri Yang Tinggal Di Kost). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933601615_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933601615_bab1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
933601615_bab2.pdf

Download (527kB)
[img] Text
933601615_bab3.pdf

Download (320kB)
[img] Text
933601615_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
933601615_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
933601615_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
933601615_daftarpustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text
933601615_suratpernyataan.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK CASIMIN, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Robingatun, M.Pd.I dan Hasan Basri, M.Ag., Sabar Seabagi Metode Pencegahan Stress (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Kediri yang Tinggal di Kost), Skripsi, Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Sabar, Stress. Selama manusia masih bisa bernafas dan jantung masih berdetak Allah akan terus memberikan ujian dan cobaan dalam hidupnya, artinya setiap manusia yang hidup di dunia akan terus mendapatkan ujian dan cobaan dari Allah. Begitu pula dengan mahasiswa yang tinggal di kost, dalam proses mendapatkan gelar sarjananya ada banyak rintangan yang harus dihadapi seperti rasa malas, bosan, kesulitan dalam mengerjakan tugas, beadaptasi dengan lingkungan yang kurang nyaman dan berbagai masalah lainnya yang memungkinkan mahasiswa terserang stress yang bisa merusak dirinya maupun lingkungannya. Oleh karena itu untuk menjadi seorang mahasiswa yang baik langkah awal yang perlu dibangun selain niat yang teguh dan tekat yang kuat adalah kesabaran. Kesabaran merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap orang khususnya mahasiswa yang tingga di kost agar bisa lapang dan tanggap mencari solusi dalam menghadapi berbagai masalah yang muncul sebab akademik maupun sosial serta bisa mencegah datangnya stress. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan perilaku sabar mahasiswa IAIN Kediri yang tinggal di kost, mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mereka sehingga bisa sabar dan upaya-upaya apa saja yang mereka lakukan untuk bisa sabar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis pendekatan riset lapangan (field research) yakni penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Dapat dikatakan memiliki perilaku sabar ketika mereka berupaya ikhlas dalam beribadah yakni menjalankan perintah dan kewajiban sebagai hamba Allah dan sebagai mahasiswa. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa kost untuk berperilaku sabar guna mencegah datangnya stress seperti wawasan tentang ajaran Islam, individu, pengalaman, lingkungan yang baik, memiliki pengetahuan tentang sabar yang didapat melalui mendengarkan ceramahceramah para ulama serta buku bacaan, kecerdasan spiritual dan pendidikan dari orang tua. 3) Upaya yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Kediri yang tinggal di kost dalam membangun perilaku sabar untuk mencegah datangnya stress yaitu, mengerjakan apa yang sudah menjadi kewajibannya, tidak berkeluh kesah kepada orang lain, tidak gegabah dalam bertindak, ix tidak overthinking, menerima keadaan, mendekatkan diri kepada sang pencipta, introspeksi diri, mepunyai prinsip yang teguh, optimis, memahami bahwa hidup untuk ibadah, tidak mendengarkan perkataan negatif orang lain, memahami karakter orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: CASIMIN CASIMIN
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:59
Last Modified: 18 Dec 2023 01:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item