Hasanah, Siti Nurul (2019) Evaluasi Program Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kandat Tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931211114-prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931211114-BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
931211114-BAB II.pdf Download (265kB) |
|
Text
931211114-BAB III.pdf Download (260kB) |
|
Text
931211114-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
931211114-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
931211114-BAB VI.pdf Download (86kB) |
|
Text
931211114-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text
931211114-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penilaian autentik merupakan ciri khas dari Kurikulum 2013. Pada penilaian ini kegiatan siswa selama di sekolah diamati dan dinilai berdasarkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Dalam pelaksanaan di sekolah, para guru belum maksimal menggunakan berbagai instrumen penilaian autentik yang rumit, karena masih kurang paham dengan penilaian ini. SMAN 1 Kandat baru menggunakan Kurikulum 2013 selama 2 tahun, yaitu pada tahun ajaran 2015/2016. Oleh karena itu masih perlu dievaluasi pelaksanaannya selama ini untuk meningkatkan kualitas di kemudian hari. Evaluasi program merupakan rangkaian yang dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana suatu program telah dilaksanakan. Dalam penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari context, input, process, dan product. Fokus penilaian ini adalah: (1) Bagaimana konteks program penilaian autentik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kandat? (2) Bagaimana input program penilaian autentik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kandat? (3) Bagaimana proses program penilaian autentik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kandat? (4) Bagaimana produk program penilaian autentik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kandat?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data yang valid dan akurat dengan mendatangi objek penelitian langsung. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konteks penilaian autentik adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah. Selain itu, penilaian autentik dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran dan pembiasaan pembelajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. (2) Input penilaian autentik dengan memberikan pelatihan kepada guru dan guru menyiapkan perangkat pembelajaran. (3) Proses penilaian autentik dilaksanakan guru untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan berbagai instrumen. Instrumen yang digunakan untuk menilai kompetensi sikap yaitu: observasi, penilaian antar teman, dan penilaian diri sendiri. Instrumen untuk menilai kompetensi pengetahuan yaitu: tes tulis yang berupa pilihan ganda dan uraian, serta tes lisan. Instrumen untuk menilai kompetensi keterampilan yaitu: demonstrasi dan proyek yang berkaitan dengan materi PAI. (4) Produk penilaian autentik berdasarkan keadaan di lapangan sudah baik, para guru sudah menggunakan beberapa instrumen penilaian autentik dalam proses pembelajaran, baik untuk menilai kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Program penilaian autentik tetap dilanjutkan dan diperbaiki untuk mengingkatkan kualitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 01:07 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 01:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |