Tinjauan URF Terhadap Tradisi Ngguak Anak Sebab Adanya Persamaan Weton Dengan Orang Tua (Studi Kasus Desa Sidomekar, Jember)

Sari, Dini Novita (2023) Tinjauan URF Terhadap Tradisi Ngguak Anak Sebab Adanya Persamaan Weton Dengan Orang Tua (Studi Kasus Desa Sidomekar, Jember). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931111319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931111319_bab1.pdf

Download (810kB)
[img] Text
931111319_bab2.pdf

Download (743kB)
[img] Text
931111319_bab3.pdf

Download (206kB)
[img] Text
931111319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
931111319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
931111319_bab6.pdf

Download (302kB)
[img] Text
931111319_daftarpustaka.pdf

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK SARI, DINI NOVITA, 2023, Tinjauan Urf Terhadap Tradisi Ngguak Anak Sebab Adanya Persamaan Weton Dengan Orang Tua (Sudi Kasus Desa Sidomekar, Jember), Skripsi, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, Pembimbing 1 Dr. H, Ilham Tohari, M. HI. Pembimbing 2 Moh. Badrus Solichin M.A. Kata Kunci: Urf, Tradisi/ Adat, Ngguak Anak. Desa Sidomekar berada di wilayah Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Di wilayah tersebut masih terkenal dengan adat yang masih asri dan kental, salah satunya tradisi ngguak anak. Tradisi ngguak anak sendiri dilakukan oleh beberapa keluarga jika, bayi yang baru dilahirkannya mempunyai weton yang sama dengan salah satu orang tua di keluarga tersebut. Penelitian ini mempunyai dua fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana proses pelaksanaan tradisi ngguak anak sebab adanya persamaan weton dengan orang tua di Desa Sidomekar, Jember? 2) Bagaimana tinjauan urf terhadap tradisi ngguak anak sebab adanya persamaan weton dengan orang tua di Desa Sidomekar, Jember? Tujuan penelitian dalam skripsi ini ada dua (2) yaitu: 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan tradisi ngguak anak sebab adanya persamaan weton dengan orang tua Desa Sidomekar, Jember. 2) Mendeskripsikan tinjauan urf terhadap tradisi ngguak anak sebab adanya persamaan weton dengan orang tua di Desa Sidomekar, Jember. Penelitian ini termasuk dalam penelitian empiris dan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan kalau dilihat dari pengumpulan datanya, penelitian ini tergolong penelitian lapangan dengan menggunakan metode wawancara. Data primer dan sekunder dianalisis menggunakan model penelitian Miles dan Huberman, yaitu menganalisis dengan cara reduksi data, penyajian, dan penyimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan standart kredibilitas, dengan cara triangulasi data dan pengamatan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan standart kredibilitas, dengan cara triangulasi data dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian yang sebelumnya telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa yang melatarbelakangi tradisi ngguak anak adalah menjaga warisan adat leluhur dan upaya untuk menolak bala’. Kemudian tahapan prosesi tradisi dilakukan. Pertama, ngguak anak sebab adanya persamaan weton dengan orang tua, Kedua, mengembalikan hak asuh bayi dengan orang tua pengganti yang telah ditunjuk sebelumnya kepada orang tua kandung dan pengembalikannya kepada orang tua kandung tidak dapat menentukan sendiri kapan waktu terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut, Tradisi ngguak anak” sebab persamaan weton dengan orang tua termasuk kedalam urf shahih alasannya, karena pelaksaan tradisi ngguak anak bukan suatu kewajiban yang membuat beban kepada keluarga pelaksana, tradisi ngguak anak juga tidak bertentangan dengan syara’. Tradisi ngguak anak juga termasuk kedalam urf fi’li dan juga termasuk kedalam urf khas karena tradisi ini hanya dilaksanakan di tempat tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah - Hukum Keluarga Islam
Depositing User: DINI NOVITA SARI
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:51
Last Modified: 08 Dec 2023 06:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item