STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENERAPKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MAN 2 KEDIR

Andaru, Achmad Buny (2018) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENERAPKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MAN 2 KEDIR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102414- Pra BAB.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932102414- BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932102414- BAB II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932102414- BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text
932102414- BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932102414- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
932102414- BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932102414- Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

ACHMAD BUNY ANDARU, Dosen Pembimbing I: Ninik Zuroidah, M.Si. dan Dosen Pembimbing II: Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I, Strategi Kepala Madrasah dalam Menerapkan Total Quality Management (TQM) di MAN 2 Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Total Quality Management (TQM) Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah. Dalam melakukan fungsinya sebagai manajer, kepala madrasah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah, 1) bagaimana strategi kepala madrasah dalam mewujudkan kepuasan pelanggan di MAN 2 Kediri, dan 2) bagaimana strategi kepala madrasah dalam melakukan perbaikan berkesinambungan di MAN 2 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) strategi kepala madrasah dalam mewujudkan kepuasan pelanggan di MAN 2 Kediri, dan 2) strategi kepala madrasah dalam melakukan perbaikan berkesinambungan di MAN 2 Kediri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yakni pengecekan keabsahan data yang memanfaatkan data lain untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding data. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa: 1. Strategi kepala madrasah MAN 2 Kediri untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, yaitu: a. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan menjadikannya acuan dalam penyusunan program kerja, b. Memberikan pelayanan kepada pelanggan internal yang terdiri dari guru dan staf, meliputi: 1) melengkapi fasilitas penunjang pekerjaan, 2) menciptakan hubungan kerja yang mendukung, 3) pemberian reward yang pantas, c. Memberikan pelayanan kepada pelanggan eksternal yang terdiri dari siswa dan orang tua siswa, meliputi: 1) memfasilitasi siswa dalam pengembangan diri di bidang akademik dan non-akademik, 2) melengkapi fasilitas penunjang kegiatan belajar siswa, 3) memberikan informasi kepada orang tua siswa terkait program madrasah dan perkembangan belajar putra-putrinya. 2. Strategi kepala madrasah dalam melaksanakan perbaikan berkesinambungan, yaitu: a. Membentuk tim khusus yang bertugas pada perbaikan dan mengadakan rapat bulanan terkait plan, do, check, act (PDCA), b. Pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya non-manusia. x KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 20 Mar 2020 03:19
Last Modified: 20 Mar 2020 03:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item