Pengembangan Potensi Santri Melalui Program Entrepreneurship di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang

MUSYAFA’AH, EMI (2019) Pengembangan Potensi Santri Melalui Program Entrepreneurship di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931347814 - PRABAB.pdf

Download (699kB)
[img] Text
931347814 - BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
931347814 - BAB 2.pdf

Download (412kB)
[img] Text
931347814 - BAB 3.pdf

Download (121kB)
[img] Text
931347814 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
931347814 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
931347814 - BAB 6.pdf

Download (85kB)
[img] Text
931347814 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Pengembangan potensi santri merupakan pendidikan di luar pembelajaran kitab sebagai bagian integral dari kurikulum pesantren. Hal ini dipahami bahwa santri mempunyai potensi atau bakat bawaan seperti kemampuan membaca al-Qur’an, kaligrafi, pertukangan dan lain sebagainya. Bakat bawaan ini seharusnya selalu dipupuk dan dikembangkan agar menjadi produktif. Oleh karena itu dengan adanya ketrampilan dan pelatihan santri dapat berkarya, menciptakan atau memanfaatkan segala sesuatu sesuai dengan minatnya. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana program entrepreneurship di pondok pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang, (2) bagaimana pengembangan potensi santri melalui program entrepreneurship di pondok pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan dalam uji keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Program entrepreneurship di pondok pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang dilakukan melaui workshop, pelatihan kewirausahaan dan pelatihan menjahit. Pelaksanaan program entrepreneurship ini dilatarbelakangi oleh adanya cita�cita pengasuh, agar pesantren tidak menjadi beban bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan agama, juga untuk melatih para santrinya dapat mandiri dan memiliki kesiapan secara mental untuk dapat hidup di segala kondisi nantinya. Namun pelaksanaan program entrepreneurship di pondok pesantren Al Urwatul Wutsqo belum berjalan dengan maksimal. (2) Pengembangan potensi santri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada santri untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat serta perkembangan santri dengan memperhatikan kondisi pesantren. Kemudian akan dipraktekkan dalam bentuk skill yakni dalam unit usaha yang ada di pondok pesantren. Diantaranya pertanian dan perkebunan, perikanan, peternakan, konveksi, usaha kue dan koperasi pondok pesantren. Hasil dari unit usaha tersebut dikelola kembali untuk memenuhi kebutuhan santri, sebagian usaha tersebut akan dijadikan modal kembali dalam berwirausaha. Namun hasil dari usaha tersebut tidak ada pembukuan, yakni tidak ada cacatan yang menerangkan apakah ada kenaikan atau penurunan dalam setiap hasil usaha, sehingga hasil dari usaha tersebut tidak bisa stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:41
Last Modified: 07 Dec 2023 02:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item