Implementasi Metode Jami'ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2022/2023

Qulub, Bilqis Tathmainnul (2023) Implementasi Metode Jami'ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132519_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132519_bab1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
932132519_bab2.pdf

Download (541kB)
[img] Text
932132519_bab3.pdf

Download (319kB)
[img] Text
932132519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932132519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
932132519_bab6_dafpus.pdf

Download (333kB)
[img] Text
932132519_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932132519_sp.pdf

Download (355kB)

Abstract

Mempelajari al-Qur’an menjadi suatu kewajiban dan harus ada dalam setiap dunia pendidikan umat Islam. UU Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas mewajibkan Perguruan Tinggi untuk memuat Pendidikan Agama Islam sebagai matakuliah wajib untuk mahasiswa muslim. Ini artinya, kemampuan membaca Al-Qur’an juga diperlukan untuk kesuksesan pembelajaran mereka di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi islam. Standart minimal yang harus ditempuh oleh mahasiswa yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi yaitu mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Realita yang ada masih terdapat mahasiswa yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an rendah. Kajian ini mengulas tentang implementasi metode Jami’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2022/2023. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan teknih observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Pada tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Jami’ati meliputi: penyusunan kurikulum/materi, tutor menyiapkan materi dan model pembelajaran, tutor menyiapkan teknik evaluasi (2) Langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an metode Jami’ati meliputi: mahasiswa mengikuti pretest, mahasiswa melakukan pemrograman di siakad, proses kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan, pembuka, kegiatan inti dan penutup. (3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an metode Jami’ati meliputi: evaluasi harian, evaluasi tuntas materi/kenaikan jilid, evaluasi pra munaqosah, dan evaluasi munaqosah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bilqis Tathmainnul Qulub
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:23
Last Modified: 05 Dec 2023 04:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11060

Actions (login required)

View Item View Item