Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Ngronggo 5 Kota Kediri

A, Nurul (2023) Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Ngronggo 5 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932601819_bab1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
932601819_bab2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
932601819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
932601819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932601819_bab5.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932601819_daftarpustaka.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932601819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: pengembangan media, video animasi , motivasi belajar Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Dengan adanya penggunaan media animasi maka proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif sehingga peserta didik dapat terangsang untuk berfikir kritis dan aktif khusunya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Ngronggo 5 Kota Kediri. penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau bisa disebut Reserch and Development (R&D) dengan model ADDIE ini menggunakan 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and evaluations. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan, angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi ini layak dikembangkan melalui (1) hasil analisis lembar validasi ahli media menunjukkan bahwa media video animasi mendapatkan kategori layak digunakan dengan presentase 95,83%. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media video animasi layak digunakan dengan presentase 95%. (2) Berdasarkan analisis hasil angket pada kelompok kecil menunjukkan bahwa media video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar. Sebelum diterapkan media video animasi siswa mendapat skor maksimal dengan presentase 77% dari keseluruhan, sedangkan sesudah diterapkan media menjadi 95% dari keseluruhan dengan kategori sangat baik. Kemudian berdasarkan analisis hasil angket pada kelompok besar yang menunjukkan bahwa media video animasi dapat motivasi belajar. Sebelum diterapkan media video animasi mendapat presentse sebesar 77% dari keseluruhan sedangkan sesudah diterapkan media menjadi 95% dari keseluruhan dengan kategori sangat baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media video animasi layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NURUL A NURUL A
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:31
Last Modified: 27 Nov 2023 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item