Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri

Aziz, Dede Jamaludin (2023) Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501020_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (815kB)
[img] Text
21501020_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (185kB)
[img] Text
21501020_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (284kB)
[img] Text
21501020_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (210kB)
[img] Text
21501020_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (978kB)
[img] Text
21501020_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (118kB)
[img] Text
21501020_bab6.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (41kB)
[img] Text
21501020_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (828kB)
[img] Text
21501020_sp.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Dede Jamalul Aziz, 2023, NIM 21501020 “Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri” Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Yasin, S.Ag. M. Pd. 2. Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Metode Tutor sebaya, kitab Mabadi’ul Fiqhiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1. Metode tutor sebaya adalah pendekatan yang melibatkan sesama pelajar atau individu dalam proses belajar mengajar, tutor sebaya dipilih dari kalangan siswa yang telah menguasai isi kitab dan memiliki kemampuan untuk membimbing teman-teman sekelasnya dalam memahami konsep-konsep hukum Islam yang terkandung dalam kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1. Dengan metode ini siswa dapat memahami materi yang diajarkan oleh teman sebayanya karena bahasa yang disampaikan mudah di mengerti, siswa juga aktif dalam pembelajaran dan tidak malu untuk bertanya. Oleh sebab itu, penerapan metode tutor sebaya dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap hukum Islam dan memperkuat ikatan sosial dalam lingkungan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan metode tutor sebaya dalam Pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri?, 2). Bagaimana penerapan metode tutor sebaya dalam Pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri?, 3). Bagaimana evaluasi metode tutor sebaya dalam Pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri ? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan metode tutor sebaya dalam Pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha di Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri, 2). Untuk mendeskripsikan penerapan metode tutor sebaya dalam Pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha di Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri, 3). Untuk mendeskripsikan evaluasi metode tutor sebaya dalam Pembelajaran kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Kelas 1B Wustha di Madrasah Diniyah Wahidiyah Kota Kediri Hasil penelitian ini adalah : 1). Perencanaan metode tutor sebaya dalam Pembelajaran Kitab Mabadi Fiqiyah Juz 1, yang mana Pembelajaran dibuka dengan salam tasyafuan dan absen kehadiran siswa, menciptakan pembelajaran yang kondusif , Menjelaskan tentang pembelajaran tutor sebaya, siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan satu tutor setiap kelompok, Peneliti memberikan soal dan siswa mengerjakan tugas yang diberikan, mengawasi jalannya kegiatan, menyampaikan rencana kegiatan pertemuan mendatang dan menutup tasyafuan dan salam, 2). Pelaksanaan metode tutor sebaya dalam Pembelajaran Kitab Mabadi Fiqiyah Juz 1 di Madrasah Diniyah Wahidiyah, Menyusun kelompok belajar dan memilih tutor sesuai jumlah kelompok, Menjelaskan peran tutor dan melatih tutor terkait materi yang akan dipelajari, Menjelaskan materi pelajaran secara ringkas pada siswa, Memberi tugas kepada siswa dan mengarahkan tutor untuk membantu anggotanya, Mengamati proses pembelajaran dan Melakukan evaluasi pembelajaran, 3). Evaluasi Penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran kitab Mabadi Fiqiyah Juz 1 kelas 1B, dapat meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar dilihat dari kehadiran siswa yang biasanya 60% yang hadir setelah adanya tutor sebaya kehadiran siswa sampe 100 % dan bisa dilihat dari hasil pri tes dan ujian tengah semester nilai siswa melebihi nilai KKM rata-rata siswa mencapai _> 75 %. penggunaan metode ini juga secara tidak langsung membuat nilai hasil belajar siswa meningkat secara berkala seiring penerapan metode tutor sebaya pada setiap pertemuan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Jamalul Aziz
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:30
Last Modified: 28 Dec 2023 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item View Item