Reboisasi Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Hadis

Emillia, Vrisca Fanni (2023) Reboisasi Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Hadis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933200319_daftar_pustaka.pdf

Download (460kB)
[img] Text
933200319_lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
933200319_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (111kB)

Abstract

Fenomena terkait bencana alam dewasa ini marak terjadi karena kasus-kasus pencemaran lingkungan dan kerusakan sumber daya alam. Bencana alam yang terjadi kemudian memunculkan beberapa perbedaan cara pandang, yakni anggapan bahwa bencana alam merupakan akibat dari ulah manusia, dan bencana alam merupakan sunnatullah. Dampak dari bencana alam tidak hanya dalam segi material saja, akan tetapi hal ini juga dapat menyisakan dampak psikis (mental) seseorang yang menjadi korban. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) sehingga sumber data yang digunakan ialah berbasis kepustakaan baik dari buku, kitab, jurnal, skripsi, artikel, dan sebagainya yang mendukung tema penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kajian hadis tematik (maudhu’i). Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri hadis-hadis tentang pelestarian lingkungan dengan cara takhri>j al- hadi>th. Dalam kajian ini, penulis mengkontekstualisasikan hadis dengan fenomena bencana alam yang terjadi. Diperlukan pendekatan ilmiah yang baru terkait kasus di media sosial berupa integritas keilmuan untuk pemahaman yang komprehensif dengan pendekatan fenomenologi. Dari proses telaah data dan analisis, memiliki substansi makna terkait pelestarian lingkungan, yaitu keutamaan menanam ataupun melakukan penghijaun yang dibahasakan dengan sedekah yang bernilai pahala. Kemudian pahala yang diberikan kepada orang yang menanam akan mengalir selama tanaman yang ditanam itu dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain. Hadis juga memaknai bahwa pelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan lahan mati atau tandus agar menjadi lahan produktif. Kemudian dari hadis tersebut dapat diambil beberapa solusi dalam upaya pelestarian lingkungan, yakni dengan cara melakukan upaya memananam dan memanfaatkan lahan atau lingkungan secara efektif. Dua solusi ini dalam analisisnya berkaitan dengan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir kerusakan lingkungan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040304 Hadith and Related Knowledge (Hadits dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030401 Ilmu Hadits (incl : Dirayah, Riwayah, Rijal Hadits, Jarah dan Ta’dil, Tabaqat al-Ruwat, Asbab Wurud, Nasikh dan Mansukh)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Hadits
Depositing User: VRISCA FANNI EMILLIA
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:44
Last Modified: 23 Nov 2023 06:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item