Al-Muflihun Dalam Al-Qur’an (Kajian Semantik Makna Al-Muflihun Dalam Al-Qur’an)

Masngut, M Imam (2023) Al-Muflihun Dalam Al-Qur’an (Kajian Semantik Makna Al-Muflihun Dalam Al-Qur’an). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933801718_prabab.pdf

Download (458kB)
[img] Text
933801718_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
933801718_bab2.pdf

Download (307kB)
[img] Text
933801718_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
933801718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
933801718_bab5.pdf

Download (129kB)
[img] Text
933801718_daftarpustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK M. IMAM MASNGUT, 2023, Al-Muflih}u>n Dalam Al-Qur’an “Kajian Semantik alMuflih}u>n dalam al-Qur’an”, Skripsi, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. M. Mu’tashim Billah M.A dan (2) Dr. Masrul Anam, M.A Kata kunci: Al-Muflih}u>n, al-Qur’an, Semantik. Setiap manusia pastilah dalam kehidupannya ingin mendapat suatu keberuntungan. Sedangkan keberuntungan sendiri itu sangat banyak macamnya. Seperti orang yang kaya raya, punya jabatan dan kedudukan tinggi serta kebutuhan hidupnya terpenuhi semua. Pendapat semacam ini disangkal oleh orang-orang yang melihat dari sisi agama, mereka berpendapat belum tentu orang-orang kaya atau berkdudukan itu orang beruntung. Bisa jadi orang-orang semacam itu adalah orang yang sial, karena terlalu sibuk mencari itu semua akhirnya melupakan hal yang terpenting yakni akhirat. Karena perbedaan inilah, perlu adanya kajian untuk mengetahui hakikat makna orang-orang yang beruntung. Dan al-Qur’an menjadi sumber yang layak untuk dijadikan suatu pedoman. Dalam al-Qur’an sendiri mengenai hal ini, menyebukan salah satunya dengan kata al-Muflih}u>n. Untuk itu penulis membuat kajian yang membahas tentang orangorang yang beruntung di dalam al-Qur’an dengan judul “Al-Muflih}u>n Dalam al-Qur’an” yang dikaji secara semantik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna alMuflih}u>n yang ada dalam al-Qur’an. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode Library Reseach atau penelitian kepustakaan dengan cara mencari, membaca, dan menganalisis buku-buku yang ada keterkaitannya dengan judul ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara setelah terkumpul data-data yang relevan maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data tersebut secara semantik, sehingga menghasilkan kesimpulan yang benar dan tepat sesuai analisa data. Berdasarkan hasil penelitian secara semantik diketahui kata al-Muflih}u>n mempunyai makna dasar kekal, memotong, membelah, beruntung dan berhasil. Sedang dari makna relasional memiliki makna beruntung dan berhasil. Kemudian dari aspek sinkronik dan diakronik kata al-Muflih}u>n dibagi menjadi tiga periode, pertama dimaknai dengan orang yang kekal, periode kedua dimaknai dengan orang beruntung dan periode ketiga dimaknai dengan orang yang beruntung, berhasil, menang dan selamat dari keburukan. Serta Weltanschauung dari kata al-Muflih}u>n ini dipahami bahwa pemberian makna berhasil, beruntung dan menang ini tidak lepas dari al-Qur’an itu sendiri sebagai kitab petunjuk dan pedoman bagi seluruh manusia secara umum. Pemberian makna berhasil dan menang karena telah lulus dalam menjadi karakter yang telah disebutkan dalam al-Qur’an. Dan diberi makna beruntung karena mendapat hidayah dari Allah guna menjalani kehidupan dan juga untuk menaklukkan semua rintangan yang ada di dunia. Selain itu beruntung karena mendapatkan surga tempat yang paling baik dan kekal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030305 Tafsir Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: MOHAMAD IMAM MASNGUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:52
Last Modified: 23 Nov 2023 06:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item