Peran Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ar-Ridho Trenggalek

Oktavia, Yenny Afri (2023) Peran Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ar-Ridho Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934212919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934212919_bab1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
934212919_bab2.pdf

Download (224kB)
[img] Text
934212919_bab3.pdf

Download (128kB)
[img] Text
934212919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
934212919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
934212919_bab6.pdf

Download (48kB)
[img] Text
934212919_daftarpustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
934212919_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi..pdf

Download (196kB)

Abstract

ABSTRAK OKTAVIA, YENNY AFRI. Dosen Pembimbing: (I) Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., MEI. Dan (II) Erawati Dwi Lestari, SS, M.Hum. Peran Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ar-Ridho Trenggalek. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Pelayanan Prima, Loyalitas Anggota, Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Pelayanan prima adalah kepedulian kepada anggota dengan cara memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan anggota serta mewujudkan kepuasannya agar mereka merasa loyal terhadap perusahaan. Keberadaan anggota yang loyal sangat dibutuhkan lembaga keuangan agar usahanya dapat terus berjalan. Loyalitas anggota adalah komitmen anggota yang didasarkan pada sikap positif yang dalam hal ini tercermin dalam bentuk pembelian atau penggunaan secara berulang yang konsisten. Baitul maal wat tamwil (BMT) Ar-Ridho Trenggalek sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang jasa dituntut untuk memenuhi kebutuhan anggota. Untuk itu maka BMT Ar-Ridho Trenggalek menerapkan pelayanan prima agar bisa memenuhi kebutuhan anggota sehingga anggota tersebut akan menjadi anggota yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pelayanan prima pada baitul maal wat tamwil (BMT) Ar-Ridho Trenggalek dalam meningkakan loyalitas anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari pihak BMT Ar-Ridho Trenggalek, anggota simpanan dan pembiayaan BMT Ar-Ridho Trenggalek, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) BMT Ar-Ridho Trenggalek menerapkan konsep pelayanan prima yang didasarkan pada ability, attitude, appearance, attention, action dan accountability. 2) BMT Ar-Ridho Trenggalek memiliki anggota loyal yang cukup banyak. Hal ini dibuktikan dengan BMT Ar-Ridho Trenggalek pada empat tahun terakhir yaitu tahun 2019 hingga 2022 jumlah anggota yang loyal menunjukkan peningkatan. 3) pelayanan prima pada BMT Ar-Ridho Trenggalek berperan dalam meningkatkan loyalitas anggota karena adanya karyawan yang memberikan pelayanan dengan sikap baik, penuh perhatian dan kerahasiaan data anggota terjamin.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yenny Afri Oktavia
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:57
Last Modified: 22 Nov 2023 02:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10901

Actions (login required)

View Item View Item