Nurina, Putri Umi (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNARUNGU DI SMALB-B ABC PUTRA HARAPAN KADEMANGAN BLITAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100814- Pra Bab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932100814- BAB II.pdf Download (397kB) |
|
Text
932100814- BAB III.pdf Download (220kB) |
|
Text
932100814- BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932100814- BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text
932100814- BAB VI.pdf Download (199kB) |
|
Text
932100814-LAMPIRAN BELAKANG.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
932100814- BAB I.pdf Download (397kB) |
Abstract
ABSTRAK PUTRI UMI NURINA, Dosen Pembimbing Dra. FARTIKA IFRIQIA, M.Pd dan Dr. IWAN MARWAN, M.Hum. : Strategi Pembelajaran Dalam Menumbuhkan Kemandirian Siswa Tunarungu Di SMALB-B ABC Putra Harapan Kademangan Blitar 2017/2018, Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kemandirian, Siswa Tunarungu Ketunarunguan yang dialami oleh seseorang akan menimbulkan berbagai permasalahan dalam aspek sosial, emosional dan mental. Hal tersebut juga akan menimbulkan kendala dalam dunia kerja. Persaingan yang semakin keras di dunia kerja serta banyaknya masyarakat yang menyertakan kemampuan yang dimiliki penyandang tunarungu membuat semakin sulitnya mereka untuk berkembang dan hidup mandiri. Sebagai suatu upaya pemberdayaan penyandang orang dengan kecacatan atau biasa disebut dengan difabel, perlu adanya pengembangan bahan ajar pendidikan keterampilan khusus untuk Sekolah Luar Biasa (SLB). Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka penulis ingin mengetahui, 1) bagaimana kemandirian siswa tunarungu di SMALB-B ABC Putra Harapan Kademangan Blitar, dan 2) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa tunarungu di SMALB-B ABC Putra Harapan Kademangan Blitar. Penelitian ini dilakukan di SLB ABC Putra Harapan Kademangan, dengan menfokuskan pada SMALB-B dengan jumlah 7 siswa. Penulis memilih lokasi ini dikarenakan banyak dari alumni SLB yang sudah bekerja dengan keahlian dibidangnya seperti orang normal pada umunya. Adapun, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data di lapangan, selanjutnya dilakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini adalah 1) Kemandirian siswa tunarungu di SLB ABC Putra Harapan Kademangan Blitar, diantaranya: tanggung jawab, percaya diri, dan kreatif. 2) Strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa tunarungu di SLB ABC Putra Harapan Kademangan Blitar, yaitu meliputi langkah-langkah sebagai berikut; tahap persiapan yaitu dengan membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang berorientasi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah berintegrasi dengan Kurikulum 2013, dengan proporsi 70% keterampilan dan 30% materi pelajaran. Tahap pelaksanaan, guru menyampaikan materi menggunakan strategi ekspositori dan mengaplikasikannya menggunakan metode demonstrasi, dan dalam penjelasan materi guru menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Tahap evaluasi, dilakukan di akhir pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dalam pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 06:52 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 06:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |