Implementasi Pembelajaran PAI Di Sekolah Katolik Bagi Siswa Muslim (Studi Kasus Di SMP Mardi Wiyata Kota Kediri

Azizah, Imroatul (2023) Implementasi Pembelajaran PAI Di Sekolah Katolik Bagi Siswa Muslim (Studi Kasus Di SMP Mardi Wiyata Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501023_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (489kB)
[img] Text
21501023_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (175kB)
[img] Text
21501023_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (502kB)
[img] Text
21501023_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (184kB)
[img] Text
21501023_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (601kB)
[img] Text
21501023_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (202kB)
[img] Text
21501023_bab6.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (27kB)
[img] Text
21501023_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (140kB)
[img] Text
21501023_sp.pdf
Restricted to Registered users only until November 2024.

Download (160kB)

Abstract

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai keagamaan. Di beberapa wilayah, terdapat siswa muslim yang bersekolah di lembaga pendidikan agama non-Islam, di antaranya sekolah Katolik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di bagi siswa muslim di SMP Katolik Mardi Wiyata Kota Kediri.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode observasi partisipatif dan wawancara terhadap kepala sekolah, guru pendamping, serta para siswa, serta staf sekolah yang terlibat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Katolik Mardi Wiyata Kota Kediri. Selain itu, analisis dokumen pendukung dan materi pelajaran juga dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa muslim di SMP Katolik Mardi Wiyata belum memenuhi standar yang seharusnya, meskipun mayoritas siswanya muslim. Dalam ketentuan pasal 12 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, khususnya butir a mengatur bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak belajar sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajar oleh pendidik yang seagama. Hal ini sudah dilakukan oleh pihak sekolah. Namun jika didasarkan pada ketentuan yang tertuang dalam dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Kegamaan serta Peraturan Menteri Agama Nomor 16 tahun 2010 tentang pengelolan pendidikan agama pada sekolah, pelaksanaan pembelajarannya belum memenuhi standar. Terdapat beberapa problematika dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Katolik Mardi Wiyata, di antaraya kompetensi guru yang tidak spesifik mengajar PAI, perbedaan kemampuan siswa, serta metode pembelajaran yang masih tradisional. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Katolik dapat berjalan dengan baik bagi siswa muslim. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai gambaran bagi sekolah-sekolah Katolik dan lembaga pendidikan serupa bagaimana seharusnya menyediakan pendidikan agama yang inklusif dan menghormati keberagaman agama siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imroatul Azizah
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:52
Last Modified: 17 Nov 2023 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item