Pengaruh Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham Perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2015 – 2018

KHOLIFAH, NIDA AN-NUR (2019) Pengaruh Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham Perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2015 – 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra bab per.pdf

Download (398kB)
[img] Text
skeripsii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)

Abstract

Price Earning Ratio (PER) adalah rasio yang membandingkan antara harga pasar per lembar saham biasa yang beredar dengan laba per lembar saham.Suatu perusahaan yang memiliki PER yang tinggi, berarti perusahaan tersebut mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi hal ini menunjukan bahwa pasar mengharapkan pertumbuhan laba dimasa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham Perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2015 – 2018.Sampel penelitian terdiri dari 17 perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) selama periode penelitian dan dipilih dengan cara purposive sampling dari tahun 2015-2018. Data yang diambil adalah data dari laporan keuangan yang tersedia di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian dengan menggunakan rumus korelasi Pearson diperoleh r sebesar 0,616, yang berarti ada hubungan yang kuat antara variabel Price Earning Ratio(X) terhadap variabel Haega Saham (Y).Hasil uji T parsial menunjukkan nilai t signifikan 0,000 yang berarti bahwa Price Earning Ratio (PER) berpengaruh terhadap Harga Saham Perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2015- 2018. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,380, digunakan untuk mengetahui nilai kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Nilainya adalah 38% yang berarti terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y sebesar 38% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan hasil dari regresi kinier sederhana menunjukkan Y= -1582,479 + 0,562 PER. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebelum adanya variabel PER sudah ada Harga Saham.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:57
Last Modified: 16 Nov 2023 01:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10825

Actions (login required)

View Item View Item