Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 13-14 Di TPQ Nurul Fawaid

Tamayaza, Altan (2023) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 13-14 Di TPQ Nurul Fawaid. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132619_bab1.pdf

Download (618kB)
[img] Text
932132619_bab2.pdf

Download (769kB)
[img] Text
932132619_bab3.pdf

Download (436kB)
[img] Text
932132619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
932132619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
932132619_bab6.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932132619_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132619_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi nilai pendidikan Islam kepada anak tidak hanya dilakukan oleh orang tua, melainkan juga diterapkan dalam lingkungan sekolah baik formal maupun non formal. Penanaman nilai pendidikan Islam secara baik dan benar dimaksudkan untuk membentuk moral dan pribadi anak yang baik serta taat dan patuh kepada perintah Allah Swt. Salah satu bentuk penanaman nilai pendidikan Islam yakni penerapan nilai pendidikan yang terdapat dalam surat Luqman ayat 13-14 di TPQ Nurul Fawaid. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 13-14. 2) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 13-14 pada peserta didik di TPQ Nurul Fawaid. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data yang peneliti peroleh dianalisis dengan menyusun, menyeleksi data kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Data diperiksa melalui teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat mengambi kesimpulan yakni 1) nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam al-Qur’an Surat Luqman ayat 13-14 adalah: a) Nilai pendidikan aqidah/keimanan (larangan menyekutukan Allah Swt.), b) Nilai pendidikan akhlak (berbakti kepada kedua orang tua), c) Nilai bersyukur. 2) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam al-Qur’an Surat Luqman ayat 13-14 pada peserta didik di TPQ Nurul Fawaid Kanigoro diterapkan melalui beberapa hal yakni: a) Nilai Pendidikan Aqidah/Keimanan, meliputi pembiasaan sholat ashar dan dzikir bersama, pemberian nasihat dari guru untuk selalu beribadah menyembah kepada Allah Swt, pembelajaran kitab salaf aqidatul awam yang berisi pembelajaran tauhid. b) Nilai Pendidikan Akhlak, meliputi pembiasaan bersalaman kepada guru, mengucapkan salam sebelum pembelajaran, menata tempat belajar sebelum guru datang, menasihati kepada peserta didik untuk bertingkah laku yang baik serta patuh dan taat kepada guru dan kedua orang tuanya. c) Nilai Bersyukur, meliputi acara syukuran dan do’a bersama terhadap santri yang telah khatam al-Qur’an, pembiasaan untuk selalu berterimakasih kepada orang lain baik secara lisan maupun perbuatan, serta pembiasaan untuk berdo’a kepada Allah Swt. dan kedua orang tua sebagai wujud rasa bersyukur kepada mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. RADITA ALTAN TAMAYAZA
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:07
Last Modified: 15 Nov 2023 08:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item View Item