Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SMK PGRI 1 Kediri

Hasim, Putri Fatrycya Neyly Saidah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SMK PGRI 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126919_PRA BAB.pdf

Download (611kB)
[img] Text
932126919_BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932126919_BAB II.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932126919_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
932126919_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932126919_BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
932126919_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932126919_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Hasim, Putri Fatrycya Neyly Saidah, Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si dan Mochamad Desta P, M.Pd, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SMK PGRI 1 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Efektifitas Media Pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi kebutuhan siswa akan pembelajaran berbasis teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang lekat dan teknologi siswa membutuhkan perangkat penunjang yaitu media pembelajaran berbasis Web. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Web untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMK PGRI 1 Kediri dan Mengukur efektivitas media pembelajaran berbasis Web untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMK PGRI 1 Kediri. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model pengembangan dan penelitian ADDIE memiliki tahapan berupa: Analysis yaitu berupa identifikasi awal untuk mencari masalah serta menentukan model media pembelajaran yang tepat. Design pada tahap ini peneliti mengembangkan desain media pembelajaran. Devolopment pada tahap ini peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis Web. Implementation pada tahap ini peneliti melakukan uji kelayakan dan uji coba produk pengembangan media pembelajaran berbasis Web. Evaluation pada tahap ini peneliti melakukan revisi media pembelajaran berbasis Web berdasarkan arahan validator. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pengembangan media pembelajaran berbasis Web untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa SMK PGRI 1 Kediri merupakan pengembangan yang dilakukan dalam membuat media melalui tahapan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develepment, Implementation, Evalution). Media pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan layak oleh ahli media dan materi. Media Web ini dapat dioperasikan di smartphone, computer atau laptop dengan cara login pada halaman Web tersebut, dan hasil analisis data hasil perhitungan nilai pretest dan post-test menggunakan analisis data awal uji normalitas diketahui mendapatkan nilai signifikasi pada pretest sebesar 0,179 dan nilai signifikasi pada post-test sebesar 0,07. Sehingga nilai signifikasi lebih besar dari 0,05. dan dikategorikan data berdistribusi normal. Setelah uji prasyarat dilakukan dan mendapatkan hasil normal peneliti melakukan uji T dengan hasil nilai T hitung sebesar - 21.960 yang jika dilihat dengan taraf signifikasi 0,025 berada pada 2 arah nilai df 28 memiliki nilai T tabel yang berada pada daerah penolakan atau berada pada daerah sebelah kiri yang menunjukkan nilai T tabel -2.0484, yang memiliki arti bahwa T hitung lebih besar dari T tabel sehingga dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Web yang dikembangkan oleh peniliti sudah memenuhi uji kelayakan sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan keefektifan media pembelajaran berbasis Web untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa SMK PGRI 1 Kediri memiliki tingkat keefektifan yang sangat tinggi. Berdasarkan dari hasil perhitungan nilai pretest dan post-test diketahui mendapatkan peningkatan nilai N-Gain 81.37%, nilai N-Gain tersebut berada pada indeks N-Gain tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PUTRI FATRYCYA NEYLY SAIDAH HASIM
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:54
Last Modified: 17 Nov 2023 02:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item