Pengembangan Media “Wooden Box” Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdi As Syafi’ah Pada Materi Pecahan Sederhana

Mafazah, Iin Irnaini (2023) Pengembangan Media “Wooden Box” Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdi As Syafi’ah Pada Materi Pecahan Sederhana. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932614119_prabab.pdf

Download (685kB)
[img] Text
932614119_bab1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932614119_bab2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932614119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
932614119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932614119_bab5.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932614119_daftarpustaka.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada tanggal 19 Mei 2023 ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik kelas III SDI As-Syafi’ah pada mata pelajaran matematika materi membandingkan pecahan karena kendala pada pendidik yang belum dapat meralisasikan pengaplikasian media belajar yang lebih menarik dan menunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika setelah penggunaan media pembelajaran, serta memberikan inovasi media pembelajaran yang baru. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk media wooden box dengan ukuran 70cm x 40cm berbahan dasar kayu jati dengan isi didalamnya potongan pecahan serta angka pecahan dengan warna-warna yang cerah sehingga menarik digunakan oleh peserta didik kelas rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design¸ Develop, Implement, and Evaluate) yang mana telah menghasilkan sebuah media dengan nama wooden box. Media ini dapat digunakan pada proses pembelajaran materi membandingkan pecahan mata pelajaran matematika sekolah dasar. Pada penelitian dan pengembangan ini hasil yang didapatkan adalah: (1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbahan dasar kayu dengan nama Wooden Box. (2) Media ini telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain. Rata-rata skor yang didapatkan dari kedua ahli materi adalah 89% dimana dapat dikatakan “Sangat Valid”. Selanjutnya rata-rata skor yang didapatkan dari kedua ahli media adalah 91% dimana dapat dikatakan “Sangat Valid”. Berikutnya rata-rata skor yang didapatkan dari kedua ahli desain adalah 93% dimana dapat dikatakan “Sangat Valid”. Terakhir rata-rata skor dari ahli materi pada penilaian soal pretest & posttest adalah 91% dimana ini dikatakan “Sangat Valid”. (3) Tahapan terakhir uji coba skala besar, pada uji coba ini nilai rata-rata naik sebesar 41,10 dimana nilai rata-rata sebelumnya 46,2 menjadi 90,2 dan hasil N-Gain persen sebesar 81,41% masuk dalam kategori “Efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Iin Irnaini Mafazah
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:40
Last Modified: 09 Nov 2023 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item