Peran Komunikasi Efektif Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Di Pt Bprs Lantabur Tebuireng Jombang)

Setyarini, Wenny (2023) Peran Komunikasi Efektif Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Di Pt Bprs Lantabur Tebuireng Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931407218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931407218_bab1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
931407218_bab3.pdf

Download (55kB)
[img] Text
931407218_bab2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
931407218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
931407218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
931407218_bab6.pdf

Download (107kB)
[img] Text
931407218_daftarpustaka.pdf

Download (164kB)
[img] Text
931407218_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

ABSTRAK WENNY SETYARINI, 2023. Peran Komunikasi Efektif Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus di PT BPRS Lantabur Tebuireng Jombang), Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Imam Annas Mushlihin, MHI dan Dosen Pembimbing (2) Oktaria Ardika Putri, S.Si., MM. Kata Kunci: Komunikasi Efektif, Customer Service, Loyalitas Peningkatan loyalitas nasabah di PT BPRS (Badan Perkreditan Rakyat Syariah) sangat dipengaruhi oleh kemampuan Customer Service dengan menerapkan komunikasi secara efektif dapat dijadikan sebagai alat yang berperan penting dalam membina hubungan nasabah karena akan menimbulkan dampak yang positif yakni menciptakan serta meningkatkan loyalitas nasabah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk komunikasi efektif customer service di PT BPRS Lantabur Tebuireng Jombang. (2) Bagaimana peran komunikasi efektif customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah di PT BPRS Lantabur Tebuireng Jombang Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari wawancara kepada HRD, customer service dan nasabah PT BPRS Lantabur Tebuireng Jombang. Sedangkan untuk data sekunder bersumber dari dokumen serta buku-buku. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk komunikasi efektif customer service terdapat 2 macam yaitu komunikasi efektif secara verbal dapat dilakukan dengan lisan maupun tertulis dan komunkasi efektif secara non verbal dapat dilakukan dengan tindakan maupun gerakan atau ekspresi bahasa tubuh serta pada lingkungan di PT BPRS Lantabur Tebuireng Jombang. (2) peran komunikasi efektif customer service di PT BPRS Lantabur Tebuireng Jombang sudah diterapkan secara baik dan benar karena menimbulkan dampak yang baik yaitu terjalinya hubungan erat yang baik customer service dan nasabah, customer service memahami dan memberikan solusi terhadap masalah nasabah tersebut, meningkatkan citra pada BPRS sehingga dari hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas nasabah secara signifikan setiap tahunnya di PT BPRS Lantabur Tebuireng Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Wenny Setyarini
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:13
Last Modified: 27 Oct 2023 07:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item View Item