Dilah, M Ubai (2023) Implementasi Model Quantum Teaching Dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X OTO Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Al-Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116418_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932116418_bab1.pdf Download (487kB) |
|
Text
932116418_bab2.pdf Download (518kB) |
|
Text
932116418_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
Text
932116418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
|
Text
932116418_bab5.pdf Download (295kB) |
|
Text
932116418_bab6.pdf Download (154kB) |
|
Text
932116418_daftar_pustaka.pdf Download (152kB) |
|
Text
932116418_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (8).pdf Download (72kB) |
Abstract
M. Ubai Dilah, Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si, dan Intan Nuyulis Naeni Puspitasari, M.Pd.I: Implementasi Model Quantum Teaching dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X OTO pada Mata Pelajaran PAI di SMK Al-Amien Kota Kediri Kata Kunci: Quantum Teaching, TANDUR, Berfikir Kritis, FRISCO quantum teaching adalah pengubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya. Dalam pembelajaran quantum teaching semua aspek perbedaan yang ada dalam kelas merupakan sebuah hal yang dapat memaksimalkan momen belajar. Fokus utama quantum teaching dalam kelas adalah hubungan dinamis, interaksi yang mendirikan landasan dan sebuah kerangka dalam belajar. Di dalam kelas terdapat berbagai macam karakter dan tingkat pemahaman dari peserta didik, bagi peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami pelajaranya akan menahan diri atau mengalami downshift sehingga menyebabkan pembelajaran terasa tidak menyenagkan bagi mereka yang berimbas pada menurunnya minat mereka dalam pembelajaran. Oleh sebab itu muncul sebuah kerangka tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, rayakan (TANDUR) yang dapat memotivasi siswa sehingga pembelajaran akan lebih terarah dan menyenangkan bagi siswa. berfikir kritis (critical thinking ) adalah sebuah proses pikiran untuk menganalisis, memahami atau mengevaluasi informasi yang di dapat untuk kemudian dapat membentuk sebuah keyakinan dan kebeneran yang dapat untuk di sampaikan sebagai sebuah pendapat atau untuk dikaji dan didiskusikan. Penulis menggunakan 6 unsur dasar Menurut Ennis dalam komponen berfikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, overview yang disingkat menjadi FRISCO, Penelitian ini menggunakan metologi penelitian kualitatif, metodologi penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah dimana peneliti berlaku sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan datanya dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian lebih menekankan pada makna daripada generalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, menggambarkan atau melukiskan secara sistematis pembelajaran dengan model quantum teaching di SMK Al-Amien Kota Kediri. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana implementasi model quantum teaching terhadap siswa kelas X OTO SMK Al-Amien Kota Kediri pada mata pelajaran PAI meliputi perencanaan, pelaksanaa, dan evaluasi yang akan membentuk kemampuan berfikir kritis mereka, sehingga dengan memiliki kemampuan berfikir kritis siswa akan mejadi manusia seutuhnya yang memiliki kepribadian islam (kepribadian yang sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai dalam islam
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Ubaidilah Ubaidilah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:16 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 07:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10590 |
Actions (login required)
View Item |