Penerapan Klausula Eksonerasi Pada Tempat Parkir Perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen Dan Maqashid Syariah

Pranata, Ahmad Fauzi Priya (2023) Penerapan Klausula Eksonerasi Pada Tempat Parkir Perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen Dan Maqashid Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931214816_Prabab.pdf

Download (645kB)
[img] Text
931214816_Bab1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
931214816_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
931214816_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
931214816_Bab4.pdf

Download (184kB)
[img] Text
931214816_DaftarPustaka.pdf

Download (399kB)
[img] Text
931214816_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
931214816_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (167kB)

Abstract

AHMAD FAUZI PRIYA PRANATA, Dosen Pembimbing Dr. H. BAITUR ROHMAN, S.H., M.Hum. dan RIZKI DERMAWAN, M.H. Penerapan Klausula Eksonerasi Pada Tempat Parkir Perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen Dan Maqashid Syariah, Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Klausula Eksonerasi, Perlindungan Konsumen, Maqashid Syariah Penerapan klausula eksonerasi merupakan salah satu bentuk penyimpangan dalam perjanjian baku. Menurut UU Perlindungan Konsumen, perjanjian baku adalah perjanjian yang dibuat secara sepihak dalam hal ini diperbolehkan dengan batasan-batasan seperti salah satunya dilarang mencantumkan klausula eksonerasi. Larangan dalam klausula eksonerasi yaitu berupa pengalihan tanggung jawab atau kewajiban. Penerapan klausula eksonerasi dapat ditemukan pada tempat parkir di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan. Berdasarkan uraian tersebut, fokus dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan klausula eksonerasi pada parkir perspektif UU Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syariah. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian hukum normatif menggunakan studi pustaka. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan statute approach (Undang-Undang) dan case approach (kasus). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi pustaka. Kemudian data yang sudah diperoleh akan dianalisis dan disimpulkan. Hasil dari penelitian ini ialah penerapan klausula eksonerasi pada parkir terutama di pusat perbelanjaan yang ditemukan di Kota Kediri telah melanggar ketentuan Pasal 18 angka 1 huruf a dan Pasal 2 dalam UU Perlindungan Konsumen. Di dalamnya tertulis jelas larangan penerapan klausula eksonerasi yang mengalihkan tanggung jawab dan meletakkan klausula eksonerasi di tempat yang tidak terlihat oleh konsumen jasa parkir. Dalam KUH Perdata Pasal 1706 juga mengatur mengenai tanggung jawab seorang pelaku usaha untuk merawat dan mengembalikan barang tanpa mengurangi wujud awal barang yang dititipkan. Penerapan klausula eksonerasi pada parkir ini akibat dari bargaining position seorang pengelola jasa parkir untuk memanfaatkan keadaan agar menguntungnya dirinya. Adanya pembatasan pengalihan tanggung jawab atas kehilangan/kerusakan barang konsumen ketika parkir ini mutlak menjadi tanggung jawab pengelola jasa parkir. Pengelola jasa parkir harus memberikan ganti rugi kepada konsumennya. Sanksi dari penerapan klausula eksonerasi berupa sanksi perdata maupun pidana. Selain itu, penjanjian baku dengan menggunakan klausula eksonerasi dapat dinyatakan batal demi hukum. Adapun dalam maqashid syariah (tujuan hukum Islam), penerapan klausula eksonerasi pada parkir ini tidak sesuai dengan hifz al-mal (menjaga harta), yaitu kewajiban seorang muslim untuk saling menjaga harta sesama muslim lainnya. Sehingga adanya pengalihan tanggung jawab atas kerugian oleh pengelola jasa parkir ini mengandung iktikad tidak baik dan tidak amanat dalam menjaga titipan konsumen jasa parkirnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: AHMAD FAUZI PRIYA PRANATA
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:01
Last Modified: 26 Apr 2024 03:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item