Strategi Adaptasi Siswa Sekaligus Santri SMP Islam Plus Al-Hikam Di Lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kandangan

Margareta, Dwi Silvia (2023) Strategi Adaptasi Siswa Sekaligus Santri SMP Islam Plus Al-Hikam Di Lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kandangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933712519_prabab.pdf

Download (836kB)
[img] Text
933712519_bab1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
933712519_bab2.pdf

Download (348kB)
[img] Text
933712519_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
933712519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
933712519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
933712519_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
933712518_daftarpustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK SILVIA DWI MARGARETA. Pembimbing (1) Yuli Darwati, M.Si. Dan pembimbing (2) M Syahrul Ulum, M.Sos. Strategi Adaptasi Siswa Sekaligus Santri Smp Islam Plus Al-Hikam di Lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kandangan. Skripsi, Program Studi Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, Instiut Agama Islam Negri (IAIN) Kediri. 2023. Kata Kunci: Adaptasi, Strategi Adaptasi, Faktor Adaptasi Dalam penelitian ini membahas tentang Strategi Adaptasi Siswa Sekaligus Santri SMP Islam Plus Al-Hikam di Lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kandangan. Adanya pendidikan formal berupa SMP yang diiringi dengan pendidikan non formal berupa pondok pesantren menjadi alternatif yang baik untuk anak usia remaja. Seorang remaja yang berada pada sekolah menengah pertama dan tinggal di pondok pesantren maka, mereka akan menjadi seorang siswa sekaligus santri. Dalam menjalankan kedua perannya siswa sekaligus santri akan mengalami suatu proses adaptasi di lingkungan barunya. Dalam proses adaptasi siswa sekaligus santri melakukan rencana tindakan atau strategi adaptasi untuk menyesuaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi, strategi adaptasi, dan faktorfaktor adaptasi siswa sekaligus santri SMP Islam Plus Al-Hikam di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kandangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini berada di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kandangan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah siswa sekaligus santri sebanyak enam subjek, satu subjek pengasuh, dan satu subjek pengurus, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku serta dokumendokumen yang relavan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan metode, sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Habitus Pierre Bourdieu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adaptasi siswa sekaligus santri dilakukan dengan menjalin hubungan, merespon lingkungan, memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan dan mulai membiasakan diri di lingkungannya. Dalam penyesuaian diri, siswa sekaligus santri menggunakan strategi adaptasi sosial. Dalam melalui perbedaan di lingkungan sosialnya mereka menggunakan strategi adaptasi perilaku. Saat melakukan aktivitasnya sebagai siswa sekaligus santri mereka menggunakan strategi adaptasi siasat. Kemudian strategi adaptasi proses digunakan untuk mencari kesamaan di lingkungan barunya. Adaptasi yang dilakukan siswa seklaigus santri dipengaruhi oleh faktor internal dengan memiliki konsep diri yang positif, mampu menilai melalui kognitif, kesediaan individu untuk bertindak, intelegensi atau minat, dan mempunyai prinsip dalam diri individu. Kemudian faktor eksternal yang mempengaruhi adaptasi siswa sekaligus santri adalah faktor keluarga, teman sebaya, latar belakang keluarga, lingkungan pesantren yang masih alami, dan motivasi dari pengasuh.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Slivia Dwi Margareta
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:57
Last Modified: 26 Oct 2023 06:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item