Kontestasi Simbolik Antar Siswa Madrasah Penyelenggara SKS (Sistem Kredit Semester) Dalam Melaksanakan Aktivitas Belajar di MAN 3 Kediri

Asrhofiah, Putri Nur (2023) Kontestasi Simbolik Antar Siswa Madrasah Penyelenggara SKS (Sistem Kredit Semester) Dalam Melaksanakan Aktivitas Belajar di MAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933707819_prabab.pdf

Download (899kB)
[img] Text
933707819_bab1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
933707819_bab2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
933707819_bab3.pdf

Download (224kB)
[img] Text
933707819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
933707819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
933707819_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
933707819_Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB)

Abstract

HALAMAN ABSTRAK Asrhofiah, Nur Putri. Dosen Pembimbing Dr. Moch. Muwaffiqillah, M.Fil.I, M. Syahrul Ulum, M.Sos. Judul skripsi: Kontestasi Simbolik Antar Siswa Madrasah Penyelenggara SKS (Sistem Kredit Semester) Dalam Melaksanakan Aktivitas Belajar Di Man 3 Kediri, Skripsi, Program Studi Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2023 Kata Kunci: Kontestasi Simbolik, Siswa Regular, Siswa SKS, Aktivitas Belajar Penelitian ini membahas tentang bagaimana kontestasi simbolik antar siswa itu terjadi ketika disitu ada kuasa simbol dari yang mendominasi dan adanya perbedaan interaksi dalam setiap melaksanakan aktivitas belajar maka terjadilah kekerasan simbolik yang berupa kontestasi terlebih dalam hal aktivitas belajar siswa yang akan terjadi dikarenakan siswa reguler dan siswa layanan 2 tahun memiliki banyak perbedaan. Dari perbedaan tersebut terjadilah persaingan belajar antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Data yang diperoleh dalam penyusunan penelitian ini didapatkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan analisis teori praktik sosial dari Pierre Bourdieu yang mengulas proses kekerasan simbolik ini melihat bagaimana kontestasi simbolik muncul berupa kontestasi simbolik di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Bourdieu menjelaskan bahwa kekerasan simbolik dapat mucul karena adanya habitus, arena dan modal yang dimiliki oleh setiap agen. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kontestasi ini menunjukkan adanya kekerasan simbolik dan menghasilkan dampak mengenai akibat dari terjadinya kontestasi simbolik dengan minimnya interaksi sosial antar individu dan timbul kecemburuan sosial antara siswa layanan 2 tahun dengan siswa regular. Dalam hal ini dapat mempengaruhi pola pikir individu yang nantinya bisa menimbulkan persaingan identitas antar siswa dengan siswa. Ketika setiap siswa memiliki modal yang mampu melegitimasi dominasinya dengan menanamkan nilai moral dan kemampuan intelektual yang tertuang dalam struktur maka siswa dapat menjadi penguasa dalam arena tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Putri Nur Asrhofiah
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:51
Last Modified: 20 Oct 2023 06:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item