Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Barokah Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri)

Hilmiyati, Indah Nur (2019) Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Barokah Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pandangan masyarakat terhadap peran perempuan telah mengalami distorsi dimana budaya dan agama sama-sama dianggap mengajarkan perempuan sebagai kelompok nomor dua setelah kaum laki-laki. Hal ini menyebabkan perempuan terkadang tidak mendapat akses pendidikan yang cukup sehingga perempuan tidak bisa berbicara banyak di ruang publik, termasuk dalam bidang ekonomi. Di sisi lain, jumlah perempuan dan laki-laki di Indonesia terbilang seimbang sehingga seharusnya perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam pembangunan. Salah satu upaya yang bisa dilaksanakan guna meningkatkan peran perempuan adalah pemberdayaan. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat permasalahan pemberdayaan dengan harapan masyarakat semakin tergerak dalam mengupayakan pemberdayaan perempuan dan perlahan menghapus stigma negatif mengenai peran perempuan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan data sekunder dari buku-buku, skripsi, tesis, dan jurnal ilmiah. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Upaya pemberdayaan perempuan dapat dilihat dalam kegiatan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Barokah dimana ibu-ibu rumah tangga di Desa Cerme yang menganggur diajak untuk menjalankan usaha bersama. Kegiatan ini berhasil memberi penguasaan anggota terhadap kemampuan personal, kemampuan interpersonal, dan kemampuan politik. Selain itu, anggota memiliki kesempatan untuk berusaha sehingga memperoleh pendapatan yang bisa digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan keluarga. Kegiatan usahanya pun dilakukan dengan persaingan yang sehat serta tidak mengganggu peran anggota di keluarga. Anggota Pokmas Barokah juga sering mendapat edukasi dari pelatihan dan penyuluhan yang mereka terima. Pokmas Barokah turut menanamkan nilai-nilai Islam dalam setiap kegiatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:39
Last Modified: 18 Oct 2023 06:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item