Analisis Efektivitas E-Warong KUBE Dalam Meningkatkan Kondisi Perekonomian Keluarga Penerima Manfaat (Studi Kasus Pada Program Keluarga Harapan Desa Ngronggot Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk)

WULANSARI, DEWI (2019) Analisis Efektivitas E-Warong KUBE Dalam Meningkatkan Kondisi Perekonomian Keluarga Penerima Manfaat (Studi Kasus Pada Program Keluarga Harapan Desa Ngronggot Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, NOTA-NOTA, MOTTO, HALAMAN PERSEMBAHAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, .pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah global yang dialami oleh semua negara. Oleh karenanya Program Keluarga Harapan (PKH) hadir sebagai upaya menghilangkan atau minimal mengurangi angka kemiskinan dengan salah satu tujuan utamanya yakni meningkatkan perekonomian pesertanya yakni Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Upaya terus dilakukan dalam memperbaiki program agar terlaksanan dengan baik. Muncul banyaknya kendala seperti penyalahgunaan dana bantuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab serta pendistribusian yang dirasa sedikit sulit diterima Keluarga Penerima Manfaat, maka munculah program pendukungnya yakni e-Warong KUBE sehingga apa yang menjadi tujuan dan cita-cita semua pihak untuk meningkatkan perekonomian KPM mampu tercapai sesuai dengan yang dicita-citakan semua pihak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti menerangkan dan mendeskripsikan tentang Program e-Warong KUBE PKH dan juga menilai keefektivan program ini untuk meningkatkan perekonomian KPM di wilayah Desa Ngronggot Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk berdasarkan unsur tujuan berdirinya. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama dari segi pelaksanaan program memang program ini sudah terstruktur sangat rapi. Dimulai dari awal penentuan KPM PKH, kemudian tata cara pendistribusian, hingga terbentuknya e-Warong KUBE yang berpredikat memuaskan, baik dari segi penyediaan fasilitas dan juga inovasi-inovasi cemerlang yang dilakukan oleh petugas pelaksananya sehingga program yang berjudul bantuan ini menjadi salah satu awal mula masyarakat agar lebih mandiri. Tidak hanya mandiri secara finansial, namun juga diedukasi agar lebih produktif. Hal tersebut juga telah terbukti dengan kemandirian KPM untuk bisa berwirausaha secara mandiri dan juga banyaknya graduasi dari tahun ke tahun setelah program ini diluncurkan. Kedua, dari sisi efektivitas meliputi ketepatan sasaran, tujuan program, sosialisasi dan pemantauan program kesemuanya berjalan dengan sangat baik dan cukup efektif guna meningkatkan perekonomian KPM. Hal ini tentu tidak lepas dari peran pemerintah dan para petugas pelaksananya, dan sudah sepatutnya hal tersebut selaras dengan anjuran Islam bahwa pemerintah harus menjadi pihak yang ikut berperan membantu masyarakat miskinnya bangkit dari kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:52
Last Modified: 13 Oct 2023 07:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10427

Actions (login required)

View Item View Item