Qana'ah Dalam Perspektif Hadis Dan Signifikansinya Untuk Mengantisipasi Perilaku Hedonisme

Afifah, Anadila (2023) Qana'ah Dalam Perspektif Hadis Dan Signifikansinya Untuk Mengantisipasi Perilaku Hedonisme. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933201219_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933201219_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933201219_bab2.pdf

Download (705kB)
[img] Text
933201219_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
933201219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
933201219_daftarpustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text
933201219_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Qana’ah merupakan sifat yang dapat menghantarkan manusia pada kebahagiaan. Qana’ah juga memberikan kontribusi positif terhadap kehidupan, Namun pada generasi anak muda belum memaknai hidup bahagia secara kaffah dengan maraknya perilaku hedonisme. Hal ini memicu munculnya rasa ingin tahu akan bagaimana dilihat dari kacamata ilmu hadis, mencari dan meneliti hadis dengan mengungkap kualitas dan kuantitasnya. Bagaimana memahami hadis dengan berbagai macam interpretasi, dan pentingnya hadis dalam qana’ah. Pada dasarnya manusia pasti menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidupnya, karena merupakan makhluk sosial. Salah satunya dengan menerapkan sifat qana’ah. Namun tidak mudah jika dalam dirinya selalu merasa kekurangan hingga menghalalkan segala macam cara untuk meraih keinginan. Oleh karena itu, penggunaan hadis untuk mengatasi perilaku hedonisme adalah suatu hal yang dirasa tepat. Dalam penelitian hadis, metode yang digunakan adalah kajian tematik. Menelusuri hadis-hadis tentang qana’ah dengan kajian ini menjadikan penemuan yang lengkap dan terperinci. Hal ini diperoleh dari penelitian hadis mulai dari takhrij, i’tibar sanad, kritik sanad dan kritik matan. Sehingga diketahui kualitas maupun kuantitas hadis tentang qana’ah. Penelitian ini berisi tentang bagaimana qana’ah jika dilihat dari sudut pandang hadis. Memahami secara tekstual, hadis ini mengungkapkan keberuntungan orang mukmin yang diberi rezeki dan qana’ah dengan apa yang diberikan Allah. Secara intertekstual hadis ini diperkuat dengan ayat al- qur’an bahwa siapa saja yang beramal shalih dalam keadaan beriman maka Allah akan menghidupkannya dengan kehidupan yang baik. Kemudian kontekstualnya adalah qana’ah mampu membuat manusia menjadi produktif dan berkualitas dalam hidupnya. Oleh karena itu ada anjuran untuk mengamalkan sifat qana’ah yang merupakan kunci meraih kebahagiaan. Signifikansi dari makna hadis ini adalah untuk mencegah dan mengatasi fenomena hedonisme, serta memberikan kebermanfaatan dalam kehidupan atas rezeki dari Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Hadits
Depositing User: Anadila Afifah
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:43
Last Modified: 11 Oct 2023 03:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item