Pengembangan Media Cerita Bergambar Berbasis SQ3R Untuk Meningkatkan Pemahaman Kelas IV SDN Tempurejo 2

Indriani, Laras (2023) Pengembangan Media Cerita Bergambar Berbasis SQ3R Untuk Meningkatkan Pemahaman Kelas IV SDN Tempurejo 2. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605519_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932605519_bab1.pdf

Download (842kB)
[img] Text
932605519_bab2.pdf

Download (701kB)
[img] Text
932605519_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
932605519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932605519_Bab 5.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932605519_Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)
[img] Text
932605519_SuratPernyataan.pdf

Download (350kB)

Abstract

Laras Indriani, Dosen pembimbing Ahmad Syamsudin, M.Kom. Dan Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I, M.Pd. Pengembangan Media Cerita Bergambar Berbasis SQ3R Untuk Meningkatkan Pemahaman Kelas IV SDN Tempurejo 2, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Media Cerita Bergambar, Metode SQ3R, Pemahaman Membaca Media cerita bergambar merupakan sebuah media untuk meningkatkan imajinasi dan berpikir kritis pada siswa. Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman pada materi IPS Subab Kerajaan Hindu dan Budha di Indonesia pada kelas IV di SDN Tempurejo 2 Kota Kediri, karena pada proses pembelajaran media yang digunakan belum memadai pada mata pelajaran IPS. Tujuan dari media ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektivan pada media cerita bergambar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pada siswa kelas IV di SDN Tempurejo 2 Kota Kediri pada semester genap. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dan menggunakan model RnD. Subjek penelitian yang ada pada penelitian ini yaitu, ahli materi, ahli media, 5 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 25 siswa untuk uji coba kelompok besar melakukan pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumetasi, wawancara, dan angket. Pada validasi ahli materi memperoleh hasil persentase 72,5% dan validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 75% dengan keduanya diartikan media cerita bergambar layak untuk digunakan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik inferensial (t-test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata – rata pada uji pretest 37,8% dan posttest 84%, sedangkan diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2- tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 sehingga ditolak atau diterima. Dengan demikian media cerita bergambar berbasis SQ3R berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman pada siswa Kelas IV SDN Tempurejo 2 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laras Indriani
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:29
Last Modified: 20 Oct 2023 07:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item