Analisis Terhadap Konsep Pemberian Nafkah Madliyah Persepsi Santri Berstatus Suami Di Pondok Pesantren Lirboyo

Fahmi, Muhammad Khusnul (2023) Analisis Terhadap Konsep Pemberian Nafkah Madliyah Persepsi Santri Berstatus Suami Di Pondok Pesantren Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931108118_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931108118_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931108118_bab2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931108118_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931108118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
931108118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931108118_bab6.pdf

Download (404kB)
[img] Text
931108118_daftarpustaka.pdf

Download (405kB)
[img] Text
931108118_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi(1).pdf

Download (257kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD KHUSNUL FAHMI, Dosen Pembimbing 1 Dr. Khamim, M.Ag. dan Dosen Pembimbing II Mochammad Agus Rachmatulloh, M.H: Analisis Terhadap Konsep Pemberian Nafkah Madliyah Persepsi Santri Berstatus Suami di Pondok Pesantren Lirboyo, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Nafkah Ma Dalam melangsungkan pernikahan, santri berkewajiban untuk memberikan kepada istri biaya dan upah yang sudah diatur dalam hukum Islam yang dikenal dengan kata nafkah. Nafkah dalam sebuah pernikahan adalah salah satu faktor yang dihukumi wajib sebab adanya akad nikah. Apabila salah seorang santri menikah kemudian meninggalkan nafkah wajib. maka santri dikenai tanggungan untuk mengupayakan nafkah yang belum diberikan, dalam syariat Islam dikenal dengan nama nafkah madliyah. Oleh karena itu, hal ini juga patut untuk dipertimbangkan sebelum melaksanakan pernikahan. Sebagian dari santri dalam melangsungkan pernikahan ada yang belum bekerja dan sudah bekerja namun tidak teratur dalam mengupayakan hingga sampai ada yang berbulan-bulan. Hal ini yang i lebih lanjut, karena sebagian santri sudah berani mengamini permintaan mertua untuk menikahi anak gadisnya dalam tahap masih menuntut ilmu di pondok pesantren Lirboyo. Padahal telah dijelaskan dalam Al Our'an, bahwa melangsungkan pernikahan maka Allah akan memberikan kehidupan yang Kay Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap nafkah madliyah santri berstatus suami, 2) Bagaimana analisis konsep nafkah madliyah dalam pemberian nafkah madliyah santri berstatus suami di pondok pesantren Lirboyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris Penelitian yang menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, yang dilakukan melalui wawancara atau melihat langsung kejadian di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Sosiologi hukum yaitu melihat, menerima, dan memahami hukum sebagai bagian dari manusia. Penelitian yang mengamati karakteristik sebuah perilaku masyarakat dalam suatu wilayah yang dianalisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan hukum Islam Hasil penelitian tersebut adalah dalam pandangan hukum Islam yaitu semua santri berkewajiban memberi nafkah, tidak ada perbedaan antara suami yang kaya dan yang kurang mampu kecuali istri bersabar dan ridla selama fase penangguhan nafkah suami. Dan dari hasil penelitian di Pondok Pesantren Lirboyo tentang nafkah madliyah santri berstatus suami saat ini tidak terlalu mementingkan mampunya dari calon suami untuk menafkahi terlebih dahulu, yang terpenting adalah pendidikan agama pemahaman ilmu agama yang baik dan benar untuk kedepan. Karena nafkah b gadla diluar waktu selain di pondok, sedangkan menamatkan pendidikan pondok lebih utama untuk resep menggapai rumah tangga yang sesuai tatanan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180113 Family Law (incl. Islamic Family Law, Munakahat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah - Hukum Keluarga Islam
Depositing User: MUHAMMAD KHUSNUL FAHMI
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:18
Last Modified: 04 Oct 2023 03:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item