Modernisasi Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Amien)

Rofiq, Aunur (2023) Modernisasi Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Amien). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132815_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132815_bab1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932132815_bab2.pdf

Download (328kB)
[img] Text
932132815_bab3.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932132815_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
932132815_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
932132815_bab6.pdf

Download (149kB)
[img] Text
932132815_daftar_pustaka (1).pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara menggunakan tekni purposive sampling dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan 1. Modernisasi di pesantren al Amien dilakukan karena adanya factor internal yakni keinginan pengasuh dan pengurus untuk bisa bersaing dengan sekolah formal di sekitar pesantren al amin dan dari sisi eksternal pesantren Al Amin melakukan modernisasi karena adanya sistem pendidikan formal di sekitar pesantren Al Amin yang semakin mendominasi. Hanya ada opsi pendidikan formal tidak adanya materi tambahan seperti keagamaan yang itu membuat kesempatan atau celah itu yang dimanfaatkan oleh pesantren Al Amin untuk membangun sekolah formal sekaligus mengkombinasikan dengan pendidikan pondok.2. Melakukan integrasi kurikulum demi tercapainya tujuan Pendidikan pesantren dan meningkatkan kualitas lulusan. Bentuk integrasi yang dilakukan adalah penyesuaian materi yang didapat santri berdasarkan jenjang sekolahnya. 3. Kolaborasi sistem pembelajaran lama dengan baru yang dilakukan pengurus pesantren untuk pembelajaran yang efisien. Penerapan system pembelajaran lama dilakukan saat belajar dengan pengasuh pondok. Sedangkan system terbarukan ketika di sekolah umum dan belajar dengan penguru madin lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aunur Rofiq Yadul Ulya
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:29
Last Modified: 29 Sep 2023 03:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item