Purwantika, Syukrianovi Dwi (2023) Analisis Pemahaman Kognitif Siswa Terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111619_prabab.pdf Download (695kB) |
|
Text
932111619_bab1.pdf Download (356kB) |
|
Text
932111619_bab2.pdf Download (860kB) |
|
Text
932111619_bab3.pdf Download (347kB) |
|
Text
932111619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
|
Text
932111619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
932111619_bab6.pdf Download (220kB) |
|
Text
932111619_daftarpustaka.pdf Download (337kB) |
|
Text
932111619_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (16).pdf Download (68kB) |
Abstract
SYURIANOVI DWI PURWANTIKA.Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si. dan Maimunatun Habibah, M.Pd.I . Analisis Pemahaman Kognitif Siswa Terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 1 Kediri,Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Analisis Pemaham Kognitif . Kognitif mempunyai peran penting dalam keberhasilan belajar karena sebagian aktivitas dalam belajar berhubungan dengan masalah berpikir. Oleh karena itu, seorang pendidik perlu memahami salah satu aspek psikologi berkaitan dengan aspek kognitif siswa . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimanakah pemahaman kognitif siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Kota Kediri? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemahaman kognitif siswa dalam Mata Pelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Kota Kediri? . Jenis Penlitian ini Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memerlukan data berupa informasi berupa deskriptif. Dalam penelitian ini, membutuhkan data berupa informasi mengenai nilai kognitif dan sikap siswa dari guru mata pelajaran aqidah akhlaq. yang mana pada pendekatan kualitatif ini diharapkan mampu menghasilkan uraian mendalam mengenai ucapan, tulisan maupum prilaku orang yang diamati. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan kognitif yang berbeda-beda, siswa yang mendapatkan nilai tinggi cenderung siswa yang kemampuan kognitif tinggi. Beberapa siswa yang belum memahami materi dikarenakan minat siswa atau antusias siswa yang masih kurang sehingga berdampak pada pemahaman kognitif siswa, ketika pemahaman kognitifnya bermasalah otomatis juga bermasalah dalam hal afektif atau penerapan materi dikehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syukrianovi Dwi Purwantika |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 03:28 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 03:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10160 |
Actions (login required)
View Item |