Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kasus Bullying Di MI Kunuzun Naja Wonotengah

Murthadho, Yahya Ali (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kasus Bullying Di MI Kunuzun Naja Wonotengah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117816_prabab.pdf

Download (783kB)
[img] Text
932117816_bab1.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932117816_bab2.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932117816_bab3.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932117816_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
932117816_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
932117816_bab6.pdf

Download (60kB)
[img] Text
932117816_daftarpustaka.pdf

Download (69kB)
[img] Text
932117816_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

ABSTRAK Yahya Ali Murthadho. Dosen Pembimbing Moh Zainal Fanani. M.Pd dan Dr Erwin Indrioko, M.Pd, Peran Guru Agama Islam Dalam Menangani Kasus yang D ilakukan Oleh Siswa Di MI Kunuzun Naja Purwoasri Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kasus Bullying Perilaku bullying merupakan suatu tindakan yang merugikan orang lain. Perilaku ini rawan terjadi di lingkungan terjadinya interaksi. Komisi Perlindungan Anak (KPAI) mencatat dari 4.124 aduan mengenai perlindungan anak sepanjang Januari-November 2022, 454 kasus diantaranya adalah kekerasan fisik. Dengan mengacu pada latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk bullying yang ada di MI Kunuzun Naja Purwoasri Kediri. (2) Untuk mengetahui bagaimana faktor penyebab terjadinya bullying di MI Kunuzun Naja Purwoasri Kediri. (3) Untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam menagani kasus bullying yang ada di MI Kunuzun Naja Purwoasri Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata atau keterangan informan. Sedangkan sumber data diperoleh dari wawancara kepada pihak-pihak terkait. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bullyingyang masih terjadi di MI Kunuzun Naja yaitu bullying fisik, verbal, dan mental. Faktor yang menyebabkan terjadinya bullying tersebut diantaranya adalah kondisi keluarga yang kurang harmonis dan faktor ekonomi, pergaulan remaja, atau media sosial. Guna menghindari dan menangani perilaku bullying, guru Pendidikan Agama Islam memiliki beberapa peran diantaranya adalah memberikan pendidikan dan bimbingan yang baik, menjadi teladan dan pemberi nasihat kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yahya Ali Murthadho
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:43
Last Modified: 27 Sep 2023 08:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item