Analisis Butir Soal Ujian Akhir Madrasah (UAMBN) Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTsN Mojoroto Kediri Tahun ajaran 2014-2015

Maghfiroh, Afid (2015) Analisis Butir Soal Ujian Akhir Madrasah (UAMBN) Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTsN Mojoroto Kediri Tahun ajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502311-pra bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502311-bab1.pdf

Download (833kB)
[img] Text
932502311-bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502311-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932502311-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932502311-bab5.pdf

Download (928kB)
[img] Text
932502311-daftar pustaka.pdf

Download (529kB)
[img] Text
932502311-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari rasa keingintahuan penulia terhadap UAMBN yang menjadi program evaluasi oleh pemerintah sebagai tolak ukur pencapaian dan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran di seluruh tingkat madrasah khususnya UAMBN mata pelajaran bahasa Arab pada tingkat madrasah Tsanawiyah. Namun sebenarnya peranan evaluasi tidak hanya pada fungsi menentukan tingkat pencapaian dan keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pemerintah, akan tetapi evaluasi juga diharapkan mampu memberikan umpan balik bagi penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu penulis ingin menganalisa apakah soal UAMBN dapat menjadi alat evaluasi yang baik seperti yang dipersyaratkan, terutama dari segi tingkat kesulitan, daya beda dan pengecoh (distractor). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan butir soal, daya beda dan pengecoh (distractor) soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah tahun ajaran 2014-2015. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk perbaikan yang positif pada kualitas soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah di tahun yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu 30 % dari populasi 295. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: A 1) Bentuk soal UAMBN adalah subjektif tes yang di dalamnya berbentuk (multiple choice test) yaitu tes memilih empat jawaban yang benar. Dan materi tes bahasa Arab dari kelas satu, dua dan tiga. B 1) 32 % tingkat kesulitan soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab tahun ajaran 2014-2015 tergolong mudah, 32 % sedang, 36 % sulit. Artinya UAMBN mata pelajaran bahasa Arab tahun ajaran 2014-2015 memiliki tingkat kesulitan sedang dan dapat di gunakan sebagai tes standar. 2) 24 % daya beda butir soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab tahun ajaran 2014-2015 di kategorikan amat mudah, 16% cukup baik (tapi perlu perbaikian), 8 % kurang baik (perlu perbaikan), 6 % tidak baik (perlu refisi). Artinya UAMBN mata pelajaran bahasa Arab tahun ajaran 2014-2015 tidak memiliki daya pembeda yang baik karen tidak dapat membedakan antara kelompk tinggi dan kelompok rendah. 3) 48 % pengecoh (distractor) soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab tahun ajaran 2014-2015 memiliki fungsi pengecoh yang amat baik, 32 % butir soal UAMBN memiliki pengecoh yang baik, 10 % butir soal UAMBN memiliki pengecoh kurang baik, 10 % butir soal UAMBN memiliki pengecoh tidak baik. Artinya 48 % soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab tahun ajaran 2014-2015 memiliki pengecoh yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:34
Last Modified: 12 Feb 2020 01:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item