Kornellis, Nelli (2023) Akhlak Siswa Yang Mengikuti Diniyah Dengan Siswa Yang Tidak Mengikuti Diniyah Di Dusun Bibis Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932133218_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932133218_bab1.pdf Download (220kB) |
|
Text
932133218_bab2.pdf Download (210kB) |
|
Text
932133218_bab3.pdf Download (83kB) |
|
Text
932133218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text
932133218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
Text
932133218_bab6.pdf Download (46kB) |
|
Text
932133218_daftarpustaka.pdf Download (159kB) |
Abstract
Akhlak merupakan etika atau moral seorang manusia dimana jati diri manusia dalam pola pikir, sikap dan bahasa yang yang menghasilkan akhlak yang terpuji dan tercela atau baik dan buruk seseorang. Siswa sebagi suatu komponen masukan dalam sistem pendidikan, yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan sehingga menjadi manusia yang berkualitas. Dimana disini madrasah diniyah disini berfungsi untuk mengingat pendidikan Islam Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akhlak siswa yang mengikuti diniyah dengan siswa yang tidak mengikuti diniyah di dusun Bibis desa Baye kecamatan Kayen Kidul. Dari latar belakang tersebut disusun fokus penelitian diantaranya: (1) Bagaimana Akhlak Siswa yang Mengikuti Diniyah di Dusun Bibis Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul? (2) Bagaimana Akhlak Siswa Yang Tidak Mengikuti Diniyah di Dusun Bibis Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul? (3) Apakah Ada Perbedaan Antara Akhlak Siswa Yang Mengikuti Diniyah Dengan Siswa Yang Tidak Mengikuti Diniyah?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari guru Madrasah Diniyah, Orang Tua dan Masyarakat dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak siswa yang mengikuti diniyah menunjukkan akhlak yang baik dan terpuji, ini terlihat dari apa yang telah diajarkan oleh guru Diniyah yang telah dipraktikkan oleh siswa sendiri, siswa yang tidak mengikuti diniyah menunjukkan akhlak yang baik tetapi masih sangat kurang karena jikalau hanya mengikuti sekolah umum atau sekolah dasar saja belum mempelajari akhlak secara mendalam dan kurangnya pemahaman tentang praktik ibadahnya, darisini terdapat perbedaan, akhlak siswa yang mengikuti diniyah memiliki akhlak yang lebih baik dan sopan serta beribadah dengan baik dan benar, sedangkan siswa yang tidak mengikuti diniyah atau hanya Pendidikan umum saja memiliki akhlak yang baik tetapi masih sangat kurang serta ibadah yang belum bisa dikatakan sempurna sesuai ajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nelli Kornellis |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 02:33 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 02:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10142 |
Actions (login required)
View Item |