Mustaqimah, Roisatul (2018) Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Menghafal AlQur’an Siswa Kelas Tahfidz Di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kabupaten Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101016022-prabab.pdf Download (145kB) |
|
Text
92101016022-BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
92101016022-BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101016022-BAB III.pdf Download (959kB) |
|
Text
92101016022-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92101016022-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
92101016022-BAB VI.pdf Download (70kB) |
|
Text
92101016022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
Abstract
Akhir-akhir ini program tahfidz Al-Qur’an banyak diselenggarakan di sekolah-sekolah maupun madrasah. Harapannya, melalui proses menghafal AlQur’an akan mampu membentuk kepribadian Qur’ani pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya serta mampu menguatkan akidah dan mengokohkan iman. Salah satu lembaga/madrasah yang menyelenggarakan program kelas Tahfidz Al-Qur’an sebagai program unggulan adalah MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare. Target minimal hafalan yang harus dicapai siswa adalah 6 juz namun pada prakteknya 65 % siswa bisa melampaui standar 6 juz pada akhir kelas 9. Ketercapaian hafalan yang mampu melebihi target madrasah ini kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian di tempat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh IQ, Self Efficacy dan Self Regulated Learning (variabel intervening) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 8B dan 9B sejumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes tulis, tes lisan dan dokumentasi. Seluruh analisis yang dilakukan memanfaatkan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) Version 21.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan hipotesis yang peneliti ajukan, hanya dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan. Sisanya sebanyak enam hipotesis menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan. Dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan yaitu Self efficacy terhadap Self Regulated Learning sebesar 55,7 % dan Self Efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an sebesar 29,6 %. Adapun hipotesis yang menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan yaitu kecerdasan intelektual (IQ) terhadap self efficacy, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap self regulated learning, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, Self Regulated Learning terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, IQ dan self efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui self regulated learning (variabel intervening).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 03:13 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 03:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1012 |
Actions (login required)
View Item |