Peran Kyai Dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik Di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Nganjuk

Baha'uddin, M Baha'uddin (2023) Peran Kyai Dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik Di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134316_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932134316_bab1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932134316_bab2.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932134316_bab3.pdf

Download (276kB)
[img] Text
932134316_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
932134316_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
932134316_bab6.pdf

Download (180kB)
[img] Text
932134316_daftarpustaka.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932134316_suratpernyataan.pdf

Download (117kB)

Abstract

ABSTRAK Baha`udin, Muhammad. 2022: peran kyai dalam meningkatkan kompetensi guru di pesantren terpadu daru ulil albab, Pendidikan Agama Islam, fakultas tarbiyah IAIN Kediri, Dosen Pembimbing 1 Drs. H. Moh. Rois, MA, Dosen Pembimbing 2 M. Nabil Khasbullah, M. Pd.I. Kata Kunci : Kyai, Kompetensi Guru Pendidik menjadi salah satu faktor penting berjalannya pendidikan yang ada baik pendidikan formal maupun non-formal serta lembaga-lembaga dibawah naungan yayasan yang ada perlu meningkatkan kompetensinya yang dalam hal ini kyai menjadi sosok yang utama dan mempunyai peran yang besar dalam meningkatkan kualitas diri santri, pendidik, maupun lembaga yang ada agar terus berkembang dan menjadi lebih baik terutama dalam meningkatkan kompetensi guru. Atas dasar konteks tersebut, yang menjaadi focus dalam penelitian ini (1) Bagaimana upaya yang dilakukan kyai dalam meningkatkan kompetensi pendidik di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab? (2) Bagaimana dampak dari upaya Kyai dalam meningkatkan Kompetensi Guru yang ada di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab?. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Data pada penelitian ini berupa tulisan maupun kata-kata melalui wawancara, observasi dan dokumen- dokumen terkait dari sumber data yang diamati, kiranya dapat disajikan dan digambarkan dengan apa adanya untuk selanjutnya ditelaah guna menemukan makna. Sementara untuk analisis data peneliti mengguakan reduksi data, penyajian data, dan konklusi dari hasil penelitian di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Kelutan Ngronggot Nganjuk. Hasil Penelitian, yaitu (1) Dalam upaya meningkatkan kompetensi pendidik di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab, menerapkan konsep yang dikenal dengan nama 6 karakter pendidik ulul Albab yakni Berilmu (‘Aliim ), Penyayang (Rahiim), Santun (Haliim), Bijaksana (Hakiim), Murah Hati (Kariim), Amanah (Amiin ), disingkat: Berpesan Binamurah. Hal ini di implementasian dalam diri pendidik untuk memiliki 6 Karakter Pendidik yang Ulul Albab, (2) Dampak Upaya yang dilakukan kyai dalam meningkatkan kompetensi pendidik di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Nganjuk menimbulkan dampak yang sangat signifikan dalam berbagai bidang, diantaranya : dalam Bidang Kegiatan meliputi: Pembelajaran dan pengajaran (Ta’lim), Pembiasaan (Ta’dib), Bimbingan (Irsyad). dalam Bidang Pengelolaan dan Pengawasan di tingkat yayasan, unit lembaga, dan musyrif (Pembimbing) Pesantren. dalam bidang akademik, Bidang Sosial, Bidang Ekonomi, dan dalam bidang Pengembangan Sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Baha'uddin
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:28
Last Modified: 25 Sep 2023 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item