Setiawan, Muhammad Luthfi (2019) Internalisasi Nilai Dasar S{hol>ih Akrom (NDSA) sebagai upaya Pembentukan Moral Mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati Jawa Tengah. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101016017-Prabab.pdf Download (842kB) |
|
Text
92101016017-BAB I.pdf Download (399kB) |
|
Text
92101016017-BAB II.pdf Download (791kB) |
|
Text
92101016017-BAB III .pdf Download (406kB) |
|
Text
92101016017-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
92101016017-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text
92101016017-BAB VI.pdf Download (250kB) |
|
Text
92101016017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
Abstract
Dunia global sekarang ini bergerak dengan membawa perubahan semakin cepat dan kompetitif, berbagai bidang mengalami pergeseran dan tantangan, termasuk krisis akhlak dan moral di lembaga pendidikan tinggi. Pendidikan karakter hadir sebagai solusi dari masalah moralitas, dimana sering kita jumpai di berbagai pondok pesantren. Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati Jawa Tengah adalah sebuah perguruan tinggi Islam yang bersinergi dengan ma’had al - Jami’ah , nilai-nilai pondok pesantren yang dikembangkan dalam konsep Nilai Dasar S{hol>ih Akrom (NDSA) sebagai paradigma keilmuannya dan mempersiapkan generasi-generasi yang memiliki moralitas dan profesionalitas. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan memahami pengembangan konsep, tujuan, metode, hasil dan evaluasi internalisasi NDSA di IPMAFA Pati. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Tehnik analisa data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, dan ketercukupan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep NDSA merupakan nilai-nilai yang berasal pondok pesantren yang kemudian dikembangkan oleh IPMAFA Pati dan menjadi paradigma keilmuannya. 2) Metode internalisasi NDSA antara IPMAFA Pati dan M a ’ h a d J a>m i ’ a h dengan cara Integrasi, Interkoneksi, dan Insersi dengan memperhatikan sepuluh prinsip NDSA. 3) Hasil internalisasi NDSA terhadap mahasiswa IPMAFA Pati bahwa melalui peraturan-peraturan yang dibuat IPMAFA Pati, membuat mahasiswa tersadar dan memahami bagaimana menjadi generasi yang memiliki moral yang baik. 4) Evaluasi internalisasi NDSA terhadap mahasiswa IPMAFA Pati didasarkan pada penilaian pada ranah kognitif dan afektif yang kemudian dimunculkan dalam Kartu Rencana Studi dan Kartu Hasil Studi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 03:01 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 03:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1010 |
Actions (login required)
View Item |