Analisis Model Manajemen Peserta Didik Single-Sex Education Dan Co-Education (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar Dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri)

Husniyah, Alfin (2023) Analisis Model Manajemen Peserta Didik Single-Sex Education Dan Co-Education (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar Dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501006_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (1MB)
[img] Text
21501006_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (200kB)
[img] Text
21501006_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (382kB)
[img] Text
21501006_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (130kB)
[img] Text
21501006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (2MB)
[img] Text
21501006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (332kB)
[img] Text
21501006_bab6.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (57kB)
[img] Text
21501006_daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only until September 2024.

Download (195kB)

Abstract

Perdebatan seputar manajemen peserta didik yang lebih baik antara single-sex education dan co-education masih terus berlangsung selama beberapa dekade terakhir. Banyak peneliti telah berusaha menyandingkan keduanya untuk kemudian dilakukan analisis dari berbagai sudut pandang. Secara umum disimpulkan bahwa single-sex education mampu mendatangkan keuntungan dari segi akademik khususnya pada perempuan, sementara co-education mampu mendatangkan keuntungan dari segi keterampilan sosial khususnya pada laki-laki. Di sisi lain, beberapa pihak mengklaim bahwa perbandingan keduanya dianggap mustahil mengingat keberadaan lembaga yang dinilai kurang setara. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji topik tersebut dengan mengambil lokasi di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Kota Kediri, dua madrasah yang sama-sama berada di bawah naungan langsung pemerintah dan menjadi madrasah favorit di kotanya. Fokus dari penelitian ini adalah mengkaji serta menganalisis model manajemen peserta didik yang diterapkan di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Kota Kediri. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan model manajemen peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Kota Kediri; 2) mendeskripsikan analisis model manajemen peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Kota Kediri. Studi ini menerapkan jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengambil dua lokasi, yakni MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Kota Kediri. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yakni mengadopsi model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terakhir, pengecekan keabsahan data yang dilakukan melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) MTsN 1 Kota Blitar menerapkan manajemen peserta didik model single-sex classes dengan jenis segregasi tidak penuh, sementara MTsN 2 Kota Kediri menerapkan manajemen peserta didik model co-education. 2) Relatif tidak ditemukan adanya perbedaan pada poin (a) prestasi dan kreativitas, (b) kepercayaan diri, serta (c) cita-cita dan obsesi masa depan antara MTsN 1 Kota Blitar yang menerapakan single-sex education dan MTsN 2 Kota Kediri yang menerapkan co-education. Namun pada poin (a) asmara dan (b) kemandirian dan indikasi bias gender, MTsN 1 Kota Blitar yang menerapkan single-sex education didapati lebih baik. Sementara pada poin (a) suasana kelas dan (b) keterampilan sosial, MTsN 2 Kota Kediri yang menerapkan co-education didapati lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfin Husniyah
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:45
Last Modified: 20 Sep 2023 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item