Rijal M.A, Ivan (2015) Penerapan Metode Inquiry Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 2 Kediri Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113411-prabab.pdf Download (489kB) |
|
Text
932113411-bab1.pdf Download (332kB) |
|
Text
932113411-bab2.pdf Download (211kB) |
|
Text
932113411-bab3.pdf Download (40kB) |
|
Text
932113411-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
932113411-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
Text
932113411-bab6.pdf Download (119kB) |
|
Text
932113411-Daftar Pustaka.pdf Download (120kB) |
|
Text
932113411-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) |
Abstract
yang baik guru dituntut untuk menguasai pengetahuan yang memadai dan teknik-teknik mengajar yang baik agar ia mampu menciptakan suasana pengajaran yang efektif dan efisien. Pada waktu pembelajaran, guru cenderung monoton menerangkan di depan kelas, sehingga proses belajar mengajar tidak kondusif dan terasa membosankan. Metode inquiry merupakan metode yang menuntut keaktifan peserta didik, dengan metode seperti ini pembelajaran PAI tetunya akan semakain menyenangkan. SMAN 2 Kediri merupakan sekolah dengan kualitas tinggi di wilayah Kediri, dengan segala fasilitas penunjang pembelajaran yang lengkap dan kualitas guru yang kompeten serta berintegritas, membuat peneliti tertarik menjadikan SMAN 2 Kediri objek penelitian terkait dengan penerapan metode inquqiry. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, bagaimana penerapan metode inquiry dalam pembelajaran PAI pada Peserta didik kelas X SMAN 2 Kediri; kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam penerapan metode inquiry pada pembelajaran PAI pada peserta didik kelas X di SMAN 2 Kediri; apa dampak dari penerapan metode inquiry pada pembelajaran PAI pada Peserta didik kelas X di SMAN 2 Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi. Analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati. Sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara keseluruhan. Hasil Penelitian metode inquiry menunjukan; 1) Penerapan metode inquiry, peserta didik dilatih untuk menemukan pengetahuan dengan cara mereka sendiri dan guru hanya berperan sebagai pemberi arahan, fasilitator serta motivator. Langkah-langkah pembelajaran dengan metode inquiry yaitu, menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan secara singkat materi, mempersilahkan untuk bertanya, membagi kelompok dengan tugas, kelompok menjelaskan dan mereview kembali pelajaran; 2) Kendala penerapan metode inquiry diantaranya siswa tidak melengkapi buku pemecahan mengijinkan mengakses internet dan jumlah siswa perkelas banyak terlalu banya sehingga sulit dikontrol pemecahan masalah pemberi motivasi, pengontrol kondisi kelas; 3) Dampak penerapan metode inquiry diantaranya peserta didik aktif dan termotivasi belajar melatih bertanggung jawab dan kemandirian dalam. Pembelajaran dengan metode inquiry adalah pembelajaran yang membuat peserta didik lebih aktif dalam menemukan pengetahuan. Dalam metode inquiry guru berperan sebagai pengontrol dan memberi motivasi dalam kegiatan pembelajaran peserta didik. Langkah-langkah metode inquiry: pembukaan, bertanya, membagi kelompok, mengesplor, menyimpulkan dan mempresentasikan. Metode Inquiry memiliki kendala dalam penerapanya diantaranya berasal dari peserta didik dan kontrol guru yang lemah. Dampak penerapan metode inquiry adalah membuat peserta didik semakin aktif dan termotivasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 01:49 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 01:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1004 |
Actions (login required)
View Item |