Upaya Guru Pai Dalam Mengatasi Faktor Kesulitan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa Di SMP Negeri 4 Nganjuk

Firda, Nadya Azizi (2023) Upaya Guru Pai Dalam Mengatasi Faktor Kesulitan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa Di SMP Negeri 4 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134919_PRA BAB.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932134919_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932134919_BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932134919_BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932134919_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932134919_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932134919_BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932134919_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932134919_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
932134919_Lembar Pernyataan Persetujuan Nadya Fiks.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK NADYA AZIZI FIRDA, Dosen Pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I dan Achmad Fahroni, M.Pd.I, Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Faktor Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 4 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan, Baca Tulis Al-Qur’an Kegiatan pembelajaran tidak akan selamanya berjalan lancar, karena dalam kegiatan belajar mengajar kita akan menemukan permasalahan yang terjadi khususnya di dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dialami siswa yaitu kesulitan membaca dan menulis al-Qur’an, karena belajar membaca al- qur’an tidak semudah pembelajaran pada umumnya. Guru sebagai tenaga pendidik harus menyiapkan strategi atau upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, disamping itu guru juga harus mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar al-qur’an. Fokus dari penelitian ini yaitu (1) Apa saja faktor kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an yang dialami siswa di SMP Negeri 4 Nganjuk, (2) Bagaimana upaya apa yang dilakukan guru PAI di SMP Negeri 4 Nganjuk untuk mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an. Dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an yang dialami siswa di SMP Negeri 4 Nganjuk, (2) Upaya apa yang dilakukan guru PAI di SMP Negeri 4 Nganjuk untuk mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu, dengan memperoleh sumber data guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMP Negeri 4 Nganjuk. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triagulasi. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Bahwa kesulitan baca tulis Al-Qur’an yang dialami siswa di SMP Negeri 4 Nganjuk yaitu dalam memahami perubahan bentuk huruf hijaiyah yang bersambung, waktu yang terbatas, tidak adanya dorongan dari orangtua, keadaan lingkungan yang kurang memadai, kurang mengingat tentang huruf-huruf hijaiyah, dan juga kurangnya memahami hukum hukum dalam membaca al-Qur’an. 2) Bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an yaitu dengan pembiasaan, memberikan jam tambahan dan mengadakan pelatihan berupa tugas dalam baca tulis Al-Qur’an dengan beberapa tahapan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadya 'Azizi Firda
Date Deposited: 14 Sep 2023 09:06
Last Modified: 14 Sep 2023 09:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10021

Actions (login required)

View Item View Item