Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Pengingkaran Perjanjian Karena Pihak Ketiga Dalam Sewa Rumah Di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri

Waaristman, Nuril Intan (2023) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Pengingkaran Perjanjian Karena Pihak Ketiga Dalam Sewa Rumah Di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931214719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931214719_bab1.pdf

Download (561kB)
[img] Text
931214719_bab2.pdf

Download (598kB)
[img] Text
931214719_bab3.pdf

Download (215kB)
[img] Text
931214719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
931214719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
931214719_bab6.pdf

Download (183kB)
[img] Text
931214719_daftar_pustaka.pdf

Download (131kB)
[img] Text
931214719_Sp.pdf

Download (359kB)

Abstract

NURIL INTAN WAARISTMAN, 2023, Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Pengingkaran Perjanjian Karena Pihak Ketiga Dalam Sewa Rumah (Studi Kasus di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, Pembimbing (1) Bapak Drs. H. Mahdil Mawahib, S.H., M.Ag dan Pembimbing (2) Ibu Sheila Fakhria, M.H. Kata Kunci: Sewa-Menyewa, Pengingkaran Perjanjian, Sosiologi Hukum Islam Sewa-menyewa ialah suatu perjanjian dengan memindahkan manfaat dari barang atau jasa kepada orang lain dalam waktu tertentu dan dengan pembayaran yang telah ditentukan bersama. Di Kecamatan Pare terdapat orang yang menyewakan rumah nya kepada orang lain, didasari dengan suatu perjanjian sewa-menyewa yang didalam perjanjian tersebut tertuliskan hal-hal yang telah disepakati bersama. Namun, dalam pelaksanaannya masih ada oknum yang melakukan pengingkaran perjanjian yang menyebabkan salah satu pihak merasa dirugikan. Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian mendalam mengenai praktik sewa-menyewa rumah dan apa saja faktor yang menyebabkan masyarakat melakukan pengingkaran perjanjian di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini dengan tinjauan Sosiologi Hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktik pengingkaran perjanjian sewa- menyewa rumah karena pihak ketiga di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri? (2) Apa saja faktor yang melatarbelakangi pengingkaran perjanjian sewa-menyewa rumah di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu yuridis sosiologis, yang menggabungkan ilmu hukum dengan ilmu sosial dengan mengambil sampel yang dilakukan dengan cara observasi kemudian wawancara kepada penyewa rumah dan pemilik rumah atau pihak ketiga di Kecamatan Pare. Selain mengambil data dari wawancara, penelitian ini juga didukung dengan beberapa sumber literatur seperti buku, jurnal, maupun media lainnya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktik pengingkaran perjanjian sewa-menyewa karena pihak ketiga di Kecamatan Pare diawali karena adanya keinginan dari pihak ketiga untuk menempati rumah sewa secara tiba-tiba walaupun rumah masih menjadi hak penyewa ataupun ingin merenovasi rumah namun penyewa harus mengosongkan rumah. Permasalahan yang terjadi ini mengakibatkan salah satu pihak merasa dirugikan oleh pihak lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, faktor keluarga dimana pengingkaran terjadi karena anak dari pemilik rumah yang ingin menempati atau ingin merenovasi rumah sewa dengan tiba-tiba. Kedua, faktor ekonomi, yang mana pihak ketiga tidak mampu untuk menampung keluarganya tinggal bersama. Ketiga, miskomunikasi yang mana anak pemilik rumah tidak mengetahui apabila bibinya menyuruh penyewa untuk mengosongkan rumah. Keempat, faktor kurangnya edukasi mengenai hukum yang mana pada orang zaman dahulu ada yang masih kurang edukasi khususnya di bidang hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Intan Waaristman
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:11
Last Modified: 26 Sep 2023 02:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item