Nurmaliya, Ida (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113111-prabab.pdf Download (620kB) |
|
Text
932113111-bab1.pdf Download (415kB) |
|
Text
932113111-bab2.pdf Download (628kB) |
|
Text
932113111-bab3.pdf Download (321kB) |
|
Text
932113111-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Text
932113111-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
932113111-bab6.pdf Download (158kB) |
|
Text
932113111-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tugas seorang guru tidak mudah, guru mempunyai kewajiban mempersiapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa semangat dan dapat menerima pelajaran yang diajarkan. Guru adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan dari kesuksesan proses pembelajaran. Untuk menghasilkan siswa belajar serta hasil belajar yang memuaskan guru harus mengefektifkan pembelajaran sesuai dengan komponen pembelajaran. Guru perlu melakukan upaya-upaya mewujudkan pembelajaran efektif sehingga pembelajaran bisa berhasil sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk, 2) Mengetahui upaya guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran efektif di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk, 3) Mengetahui hambatan dan dukungan guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran efektif di SMP Negeri 2 Loceret Nganjuk. Hasil penelitian menemukan 1) Guru sudah melakukan pembelajaran dengan metode yang bervariasi, memakai fasilitas yang disediakan oleh sekolah meskipun siswa masih kurang aktif dan belum terbiasa menggunakan metode yang baru dan masih terbiasa dengan metode ceramah, 2) Pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode lisan yaitu ceramah, tanya jawab, teman sejawat, drill, dan praktek yaitu jigsaw dan demonstrasi. Pembelajaran di luar kelas yaitu dengan melakukan praktek sholat dhuha, membaca surat-surat pendek sebelum pembelajran dimulai, khotmil quran, dan ekstra kurikuler majlis tak'lim, 3) Hambatan dari luar kelas yaitu motivasi siswa dan lingkungan rumah yang kurang mendukung, kurang kerjasama antar guru dan pihak sekolah untuk menjadikan pembelajaran efektif, hambatan dari dalam kelas yaitu metode yang tidak tepat dengan materi, tetapi dukungan materi diberikan kepala sekolah dengan membelikan alat-alat praktek dan dukungan moril dari pihak tukang kebun yaitu dengan ikut menjaga dan membersihkan tempat dan alat praktek.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 01:37 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 01:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |