Strategi pengelolaan kelas dalam Pembelajaran pendidikan agama islam Di smp negeri 5 kediri

Khoiriyah, Anifatul (2015) Strategi pengelolaan kelas dalam Pembelajaran pendidikan agama islam Di smp negeri 5 kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114909 Cover.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932114909 -Daftar isi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932114909-Bab 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932114909 -Bab 2.pdf

Download (528kB)
[img] Text
932114909 -Bab 3..pdf

Download (265kB)
[img] Text
932114909 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
932114909 -Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
932114909 -Bab 6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
932114909 -Daftar pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932114909 - Konsultasi.pdf

Download (102kB)

Abstract

Pengelolaan kelas adalah suatu faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena dengan pengelolaan kelas yang baik akan tercipta suatu kondisi belajar mengajar yang efisien dan efektif. Suatu kondisi belajar optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur anak didik dan sarana pengajaran serta mampu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Hubungan interpersonal yang baik antara guru dan anak didik, anak didik dengan anak didik, bisa dipandang sebagai indikasi keberhasilan pengelolaan kelas. Dari sini tepat bila dikatakan bahwa pengelolaan kelas yang sistematis merupakan penentu terwujudnya proses belajar mengajar yang efektif. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kediri? 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kediri? Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kediri tergolong baik, dalam hal ini dapat terlihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh guru-guru, di antaranya yaitu mengelola kelas dengan mengadakan rolling tempat duduk siswa setiap satu minggu dan satu bulan sekali, mengatur sarana dan prasarana kelas, mengatur kebersihan dan keindahan kelas, mengatur organisasi siswa, serta kontrol terhadap kedisiplinan guru dan siswa. 2) Faktor pendukung pengelolaan kelas, yaitu: a) kurikulum yang disesuaikan dengan anjuran pemerintah, yaitu kurikulum berbasis kompetensi yang dianggap sebagai kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, b) sarana dan prasarana yang lengkap/mencukupi. Sedangkan faktor penghambat pengelolaan kelas adalah: a) sebagian siswa kurang disiplin terhadap tugas-tugasnya, b) sebagian lingkungan sekitar siswa yang kurang mendukung terhadap pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:43
Last Modified: 05 Nov 2019 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item