Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pembiasaan Shalat Berjama'ah Siswa Di SMPN 2 Ngronggot-Nganjuk

Rachmawati, Mertiani (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pembiasaan Shalat Berjama'ah Siswa Di SMPN 2 Ngronggot-Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118414-full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan pendidikan seperti yang tercantuk dalam Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 adalah untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, manusia yang beriman, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang berakhlak mulia warga masyarakat yang baik dan warga Negara yang baik, yang mengedepankan nilai-nilai budaya luhur bangsa Indonesia dan akhlak mulia. Untuk mewujudkan tujuan UU tersebut perlu strategi untuk membentuk karakter religius yang diterapkan dengan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan. Sehingga diharapkan dapat tertanam Shalat Berjama’ah dalam diri siswa. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1.)Bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Pembiasaan shalat berjamaah dzuhur Siswa di SMPN 2 Ngronggot-Ngajuk?. 2)Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat guru pendidikan agama islam dalam menanamkan Pembiasaan shalat berjamaah Dzuhur Siswa di SMPN 2 Ngronggot-Ngajuk?. 3) Apa saja sangsi bagi anak yang tidak melaksanaakan shalat berjama’ah Dzuhur di SMPN 2 Ngronggot-Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dipusat upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan Pembiasaan shalat berjama'ah Siswa. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, tringulas dan peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : : 1.)Bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Pembiasaan shalat berjamaah dzuhur Siswa di SMPN 2 Ngronggot-Ngajuk adalah dengan metode ceramah, metode teladan, metode demontrasi 2)Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat guru pendidikan agama islam dalam menanamkan Pembiasaan shalat berjamaah Dzuhur Siswa di SMPN 2 Ngronggot-Ngajuk yaitu untuk faktor pendukung untuk fasilitas cukup memadai tersedianya tempat wudhu untuk laki-laki dan perempuan dan di mushola di sediakan Al-Qur’an, Iqro’, pengeras suara dan kipas angin, untuk faktor penghambat kurang adanya niat dalam diri siswa untuk melaksanakan shalat berjama’ah , faktor dari lingkungan keluarga karena ada dari lingkungan keluarga Siswa yang jarang untuk melakukan shalat, ada juga yang mengatakan kurangnya tingkat ekonomi, kebanyakan orang tua Siswa di Smp negeri 2 ngronggot-Nganjuk kebanyakan mereka anak yang memiliki kebutuhan ekonomi menengah kebawah jadi Siswa jarang diperhatikan oleh orang tua mereka sehingga kalau mereka tidak melakukan shalat mereka tidak dimarahi 3) Apa saja sangsi bagi anak yang tidak melaksanaakan shalat berjama’ah Dzuhur di SMPN 2 Ngronggot-Ngajuk yaitu bersih-bersih, membaca istigfar 100 kali dan menulis istigfar 50 kali, shalat dhuha.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:33
Last Modified: 15 Oct 2019 06:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item