Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Quran Surat Yusuf Ayat 111 Dan An-Nahl Ayat 125 (Kajian Tafsir Sya’rawi)

Aqiel, Mohammad (2018) Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Quran Surat Yusuf Ayat 111 Dan An-Nahl Ayat 125 (Kajian Tafsir Sya’rawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107111-prabab.pdf

Download (972kB)
[img] Text
932107111-bab1,2,5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932107111-full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932107111-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode pendidikan Islam dalam ayat Al-Quran khususnya dalam surat Yusuf 111 dan surat An-Nahl 125. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui terminologi tentang metode pendidikan Islam dalam Al-Qur’an surat Yusuf 111 dan An-Nahl 125, 2) untuk mengetahui macam-macam metode pendidikan Islam dalam Al-Qur’an surat Yusuf 111 dan An-Nahl 125, 3) untuk mengetahui penafsiran Syaikh Muhammad Al-Mutawalli Asy-Sya’rawi dalam Tafsir Sya’rawi tentang metode pendidikan Islam dalam Al-Qur’an surat Yusuf 111 dan An-Nahl 125. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kajian pustaka. Teknik pengumpulan data dengan cara editing, organizing dan analizing dengan sumber primer Tafsir Sya’rawi dan sumber sekunder tafsir-tafsir lainnya dan buku-buku yang relevan. Setelah memperoleh data-data dari sumber primer dan sekunder, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terminologi metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Surat Yusuf 111 adalah metode kisah (bercerita) yang terdapat pada ungkapan فِي قَصَصِهِمْ dan metode ‘ibrah (pengajaran) pada ungkapan عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَاب, sedangkan dalam Surat An-Nahl 125 adalah metode hikmah yang termuat pada ungkapan بِالْحِكْمَةِ , metode mauidzah hasanah yang terdapat pada ungkapan وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ, dan metode jidal (diskusi) yang terdapat pada ungkapan وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ. 2) Macam-macam metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Surat Yusuf 111 dan Surat An-Nahl 125 adalah metode kisah, metode ‘ibrah, metode hikmah, metode mauidzah dan metode jidal (diskusi). 3) Metode pendidikan pada surat Yusuf 111 dan An-Nahl 125 dalam perspektif Tafsir Sya’rawi yaitu metode kisah dapat diambilkan dari kisah Yusuf dan juga nabi-nabi lainnya. Metode ‘ibrah (pengajaran), yaitu peralihan dari yang jelas menuju kepada sesuatu yang tersembunyi, hikmah yaitu meletakkan sesuatu pada tempatnya yang sesuai (bijaksana), kedua, mauidzah hasanah hendaklah disampaikan dengan niat yang tulus, tidak menyudutkan dan tidak disampaikan di depan umum, ketiga, jidal (diskusi) adalah perdebatan dalam satu masalah di mana setiap pihak menyampaikan argumennya dengan cara yang baik atau dengan lemah lembut dan tanpa nada yang keras.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:53
Last Modified: 17 Sep 2019 06:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item