Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Ploso Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2017

FIRDAUS, AHMAD JIHAN (2017) Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Ploso Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2017. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (295kB)
[img] Text
NOTA KONSULTAN.pdf

Download (287kB)

Abstract

Pakem merupakan suatu usaha guru untuk bisa menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya dan mengeluarkan gagasan. Sedangkan kreatif, seorang guru harus mampu menciptakan suasana beragam sehingga memenuhi tingkat kemampuan siswa dan menyenangkan suasana belajar siswa diharapkan memusatkan perhatiannya secara penuh terhadap pelajaran. Efektif jika dapat menghasilkan apa yang harus dikuasai oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan yang harus dicapai. Menciptakan suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat memusatkan perhatiannya secara penuh pada pelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memfokuskan pada implementasi pelaksanaan metode PAKEM di SDN Ploso Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan di SDN Ploso yang terletak di Jalan Raya Mojo Kabupaten Kediri. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 sebanyak 39 siswa, kesemuanya dijadikan sampel penelitian mengingat jumlah populasi yang sedikit. Pada penelitian ini instrumen yang peneliti gunakan adalah human instrumen, berfungsi menetapkan fokus penelitian, sampai dengan analisis data. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Miles, Huberman, Saldana analisis data penelitian kualitatif dengan melakukan yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data displays dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion awing/veriffication). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Implementasi pembelajaran Aktif,Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Ploso Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017 adalah: a) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. b) Mendeskripsikan Faktor Pendorong implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. c) Mendeskripsikan faktor penghambat implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. d) Mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam implementasi pembelajaran Aktif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan pada mata pelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri. e) Menganalisis prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SDN Ploso Kec. Mojo Kab. Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:25
Last Modified: 11 Apr 2019 01:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item