Perkembangan Proses Pembelajaran Madrasah Diniyah Ihya’ Ulumiddin Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri

Mustajim, Mustajim (2017) Perkembangan Proses Pembelajaran Madrasah Diniyah Ihya’ Ulumiddin Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
persetujuan.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
surat iziin penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Madrasah diniyah merupakan salah satu jenis atau satuan pendidikan keagamaan islam, Madrasah diniyah memiliki karakteristik tersendiri, yaitu sangat menonjolkan nilai religiutas masyarakatnya. Dan dalam kegiatan pembelajaran sebagai inti pokok dalam pendidikan madrasah diniyah mempunyai ciri khas tersendiri. Dan untuk mencapai tujuan pendidikan madrasah diniyah tak lepas dari adanya perkembangan proses pembelajarannya. Dari uraian di ataas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) bagaimana proses pembelajaran madrasah diniyah ihya’ ulumiddin ? (2) bagaimana perkembangan proses pembelajaran madrasah diniyah ihya’ ulumiddin ?. penelitian ini penulis memakai jenis penelitian Kualitatif Naratif Deskriptif yaitu data yang di kumpulkan adalah berupa kata-kata dan bukan angka-angka yang lebih banyak menggunakan rumusan-rumusan logika, penjelasan-penjelasan serta data-data yang diteliti dilapangan, dan pelaksanaan penelitian ini di laksanakan di madrasah diniyah ihya’ ulumiddin di pondok pesantren darussalam lirboyo kediri, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: (1) proses pembelajaran madrasah diniyah ihya ulumiddin di lakukaan pada jam 19.00 WIS sampai jam 21.00 WIS dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam satu pertemuan dengan pembagian alokasi waktu yang sangat singkat, sehingga proses pembelajaran bervariasi dari metode satu ke metode yang lain. (2) pembelajaran madrasah diniyah ihya’ ulumiddin sejak berdirinya hingga saat ini berkembang dari satu metode yaitu wetonan atau bandongan menjadi beberapa metode.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:54
Last Modified: 01 Mar 2019 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item