Antisipasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMA Negeri 5 Kota Kediri. Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri

UDIN, MOCHAMMAD FATKHUR RIZQI DHIYA (2017) Antisipasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMA Negeri 5 Kota Kediri. Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER BESERTA ISINYA_Halaman Persetujuan.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV yayak.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB V yayak.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI yayak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
daftar riwayat hidup (1)_LAMPIRAN2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan. Salah satu pendidik yang sangat mempengaruhi dalam membimbing atau membentuk kepribadian suatu peserta didik adalah Guru pendidikan agama islam. Kenakalan siswa ini sangat menarik dan penting diteliti karena pada realita sekarang banyak para remaja yang tidak mempunyai sikap, perilaku, dan akhlak yang tidak mencerminkan seorang pelajar. Penulis melihat SMA Negeri 5 Kota Kediri merupakan sekolah yang terbilang favorit di wilayah Kota Kediri dengan ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sudah bagus dan memadai serta mendapat predikat sekolah Adiwiyata Nasional. Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana kenakalan yang terjadi di SMA Negeri 5 Kota Kediri; dan (2) Bagaimana antisipasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 5 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian di lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati, sehinggga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kenakalan yang terjadi di SMA Negeri 5 Kota Kediri tercatat di buku Capri (catatan pribadi) seperti merokok, mencuri, merusak fasilitas sekolah, terlambat masuk sekolah, memakai atribut yang tidak sesuai, berambut panjang, tidak sholat dhuhur berjamaah, membolos sekolah, membolos pelajaran, parkir diluar sekolah, dan tidak mengikuti remedial. (2) Antisipasi yang dilakukan dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 5 Kediri adalah dengan Adanya buku Capri, kegiatan salaman pagi, tadarusan pada jam pertama, ruang konsultasi Agama Islam, sabtu bersih, absen sholat dhuhur, grup whatsap, dan CCTV.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Feb 2019 02:53
Last Modified: 27 Feb 2019 02:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item