Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Di SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar

Abdullah, Mochamad Muis (2017) Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Di SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. SAMPUL_Halaman Persetujuan.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
PEDOMAN WAWANCARA_BUKU 1 KTSP SMP MAMBA'US 2017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan adalah suatu yang sangat mendasar karena terkait akan dibawa kemana sebuah institusi sekolah tersebut, hal yang paling utamanya kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum, sekolah akan berhasil manakala kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati bersama dan kurikulum tersebut dilasanakan untuk memenuhi kebutuhan yang ada dimasyarakat, Dalam pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar ini kurikulum yang ditekankan ialah muatan lokal dalam pembahasan kurikum kitab kuning seperti ilmu nahwu, shorof dan pembelajan kitanb kuning yang lainnnya. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini ialah: 1. Untuk mengetahu kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar, 2. Untuk mengetahui pelaksanaan kepala sekolah dalam implementasi pengembangan kurikulum d di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar, 3. Untuk mengetahui pelaksanaan kepala sekolah dalam evaluasi pengembangan kurikulum di sekolah SMP Boarding School Mamba’us Sholikin 2 Blitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, untuk pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan. Dalam hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa: 1. Kebijakan kepala sekolah dalam hal pengembangan kurikulum yakni pada sekolah SMP boarding school Mamba’us Sholikin ini pengembangan kurikulum muatan lokal yang berasaskan kitab kuning. 2. Pembentukan tim khusus yang membuat perangkat pembelajaran kitab kuning. 3. Metode yang digunakan ialah metodemetode seperti pondok pesantren salaf dan lain sebagainya. 4. Dalam pembelajaran Al Qur’an pada SMP boarding school ini mengundang pendidik yang berasal dari institusi lain yakni pondok pesantren Bustanul Muta’allimat Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:22
Last Modified: 22 Feb 2019 01:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item